Malam Nisfu Syaban Jatuh pada 17 Maret 2022, Begini Tata Cara Sholatnya

- 16 Maret 2022, 12:02 WIB
Tata cara sholat Malam Nisfu Syaban menjelang Ramadhan.
Tata cara sholat Malam Nisfu Syaban menjelang Ramadhan. /Nur Aliem Halvaima /Fixabay / POSJAKUT

GALAMEDIA - Untuk kalender Hijriah 1443,  malam Nisfu Syaban jatuh pada Kamis, 17 Maret 2022 selepas magrib.

Terkait sholat Nisfu Syaban yang menandai kian dekatnya Ramadhan, sejumlah ulama memiliki pandangan yang tak seragam, namun ada yang tidak mempermasalahkannya.

Baca Juga: 20 Pebalap MotoGP Tiba di Istana Negara, Presiden Jokowi Pamer Motor Custom pada Marc Marquez

Dikutip dari Majmu’ Al-Fatawa 23: 132, Ibnu Taimiyah  mengatakan, "Adapun tentang keutamaan malam Nisfu Syaban terdapat beberapa hadis dan atsar. Juga ada nukilan dari beberapa ulama salaf bahwa mereka melaksanakan sholat pada malam tersebut.”

“Jika seseorang melakukan sholat seorang diri ketika itu, maka ini telah ada contohnya di masa lalu dari beberapa ulama salaf. Inilah dijadikan sebagai pendukung sehingga tidak perlu diingkari."  

Baca Juga: Langka Menjelang Bulan Ramadhan, Wakil Ketua DPR Usul Pembentukan Pansus Minyak Goreng

Sholat Nisfu Syaban bisa dilakukan berjamaah di masjid atau sendiri di rumah. Bagi yang hendak melakukannya tanpa berjamaah, berikut tata caranya yang dikutip dari berbagai sumber:  

1. Niat  sholat Nisfu Syaban dalam hati.

2. Melakukan gerakan dan bacaan sholat seperti umumnya. Dimulai dengan takbiratul ikhram, membaca doa iftitah, surat Al Fatihah, dan surat pendek.

3. Rukuk dengan doanya, itidal dengan doanya, sujud dengan doanya, duduk di antara dua sujud dengan doanya, lalu sujud kedua.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,5 di Sukabumi, Getarannya Dirasakan Warga Bandung

4. Setelah itu berdiri untuk rakaat kedua: membaca Surat Al Fatihah, surat pendek.

5. Rukuk lagi dengan doanya, itidal dengan doanya, sujud dengan doanya, duduk di antara dua sujud dengan doanya. Duduk tahiyat akhir, ucapkan salam.

Dikutip dari Rumaysho, Ibnu Rajab Rahimahullah mengatakan, "Mengenai sholat malam di malam Nisfu Syaban, maka tidak ada satu pun dalil dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam dan juga para sahabatnya. Namun terdapat riwayat dari sekelompok tabi'in (para ulama Negeri Syam) yang menghidupkan malam Nisfu Syaban dengan sholat."

Wallahu’alam bissawab.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x