Lengkap! Deretan Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Jadi Juara di All England Sepanjang Masa

- 21 Maret 2022, 16:36 WIB
Bagas Maulana dan Muhammad Shohibul Fikri, Peraih Medali Emas All England 2022/@badminton.ina
Bagas Maulana dan Muhammad Shohibul Fikri, Peraih Medali Emas All England 2022/@badminton.ina /

GALAMEDIA - Sebagai kejuaraan bulutangkis tertua di dunia, All England, merupakan ajang prestisius yang wajib dijuarai setiap pebulutangkis. Para atlet bulutangkis pastinya memiliki mimpi bisa juara All England.

Dan Indonesia tidak bisa di pandang sebelah mata, pasalnya, Indonesia sudah mengantongi 48 gelar juara All England dan berada di posisi keempat setelah Inggris, Denmark dan China yang masing-masing mengantongi gelar juara sebanyak 189, 88, dan 85. Alhasil, daftar atlet bulu tangkis Indonesia juara All England tak bisa dianggap remeh.

Dengan kemenangan Bagas/Fikri di final All England 2022 kategori ganda putra, bisa dipastikan daftar atlet bulu tangkis Indonesia juara All England akan semakin panjang.

Turnamen yang diadakan setiap tahun ini, ternyata sudah didirikan sejak tahun 1898 di Guilford, Inggris. Turnamen pertama sukses digelar tepatnya pada tanggal 04 April 1899 di London Scottish Drill Hall.

Baca Juga: Perang Rusia vs Ukraina : Seorang Ibu Terluka Parah di Ukraina Saat Lindungi Bayinya dari Serangan Rudal Rusia

Gelar juara pertama kali diraih Indonesia pada tahun 1959 oleh tunggal putra, Tan Joe Hok. Setelah itu disusul oleh Rudy Hartono selama delapan tahun berturut-turut mengantongi juara, 1968-1976. Ini merupakan catatan terbaik yang pernah didapatkan pemain bulutangkis Indonesia.

Selain kedua legenda tersebut, disusul juga beberapa juara dari berbagai macam sektor hingga terkumpul 48 gelar juara. Terakhir gelar juara All England diperoleh pada tahun 2020 yakni sektor ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktafianti.

Berikut nama-nama dan gelar yang pernah diperoleh pemain Indonesia pada kejuaraan All England.

Tunggal Putra

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x