Gagal SNMPTN 2022? Ini 4 Jalur Masuk PTN Selain dari SNMPTN yang WAJIB DIKETAHUI SISWA

- 29 Maret 2022, 17:11 WIB
Gagal SNMPTN 2022? Ini 4 Jalur Masuk PTN Selain dari SNMPTN yang WAJIB DIKETAHUI SISWA/Ilustrasi Kampus
Gagal SNMPTN 2022? Ini 4 Jalur Masuk PTN Selain dari SNMPTN yang WAJIB DIKETAHUI SISWA/Ilustrasi Kampus /Instagram @ugm.yogyakarta

GALAMEDIA – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sore hari ini, Selasa, 29 Maret 2022 pukul 15.00 WIB tadi.

Namun, tidak semua beruntung dapat diterima di jalur SNMPTN. Tapi, tak perlu khawatir, karena Galamedia sudah kumpulkan empat jalur selain SNMPTN untuk kamu yang hendak masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dilansir melalui Youtube Republika Mahasiswa, inilah empat jalur masuk PTN selain dari SNMPTN:

1. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Untuk jalur seleksi satu ini, adalah jalur ujian tulis, di mana kalian nantinya akan disuguhi oleh soal-soal yang dibedakan menjadi beberapa rumpun, yaitu, Saintek (untuk berkuliah di jurusan ke IPA), Soshum (untuk berkuliah di jurusan IPS).

Baca Juga: Gagal di SNMPTN? Yuk Lihat 5 PTN Paling Favorit Jalur SBMPTN, Bukan UI di Posisi Pertama

Buat kamu yang mengambil ujian Saintek, kamu akan berhadapan dengan soal-soal seperti Kimia, Fisika, Biologi, Matematika IPA, dan Skolastik.

Sedangkan, buat kamu yang mengambil ujian Soshum, kamu akan berhadapan dengan soal-soal seperti, Sejarah, Geografi, Sosiologi, Ekonomi, dan Skolastik.

Untuk jalur ini, tidak hanyak diikuti oleh anak kelas 12 SMA sederajat saja, tetapi ada juga anak-anak gapyear yang mungkin akan ikut lagi dalam SBMPTN.

Sehingga, jalur ini bisa dikatakan cukup banyak saingannya, dan dari 100% kuota SBMPTN yang tersedia rata-rata yang diterima hanya 16-19% saja.

Halaman:

Editor: Muhammad Ibrahim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah