Pasokan Berkurang, Harga Ikan Tawar di Pasar Tradisional Kota Cimahi Melonjak

- 5 April 2022, 20:44 WIB
Harga sejumlah ikan tawar di pasar tradisional Kota Cimahi mengalami kenaikan. Hal tersebut disinyalir lantaran faktor cuaca yang membuat pasokan berkurang.
Harga sejumlah ikan tawar di pasar tradisional Kota Cimahi mengalami kenaikan. Hal tersebut disinyalir lantaran faktor cuaca yang membuat pasokan berkurang. /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/

GALAMEDIA - Harga sejumlah ikan tawar di pasar tradisional Kota Cimahi mengalami kenaikan. Hal tersebut disinyalir lantaran faktor cuaca yang membuat pasokan berkurang.

Seperti yang terpantau di Pasar Cimindi, Selasa (5/4/2022). Sejumlah ikan tawar yang mengalami kenaikan harga di antaranya ikan mas yang biasanya dijual Rp 26.000 per kilogram, kini menjadi Rp 28.000 per kilogram.

Kemudian ikan gurame yang normalnya dijual Rp 42.000 per kilogram, kini naik menjadi Rp 46.000 per kilogram. Harga udang panama yang biasanya Rp 65.000 per kilogram kini menjadi Rp 70.000 per kilogram, dan lobster yang biasanya Rp 80.000 per kilogram naik menjadi Rp 100.000 per kilogram.

Baca Juga: Krisis Ekonomi Sri Langka: Baru Sehari Dilantik Menjadi Menteri Keuangan, Besoknya Memilih Mundur

"Iya udah tiga mingguan ikan tawar naik, seperti ikan mas, gurame, dan udang," kata Dadan Suhendar (41), salah satu pedagang Pasar Cimindi.

Ia mengaku tidak mengetahui pasti penyebab kenaikan harga sejumlah ikan tawar tersebut. Hanya saja, kata Dadan, memang pasokannya berkurang. Biasanya ia membeli ikan dari Pasar Ciroyom, Kota Bandung.

"Barangngya memang lagi susah. Kurang tau juga alasannya. Mungkin faktor cuaca, jadi hasil panennya berdampak," ungkapnya.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa Bandung Rabu 6 Maret 2022

Mahalnya harga ikan tawar itu berdampak terhadap penjualannga. Dadan mengaku penjualan ikan menurun hingga 50 persen. Sebab masyarakat sepertinya berpikir untuk tidak membeli ikan, dan lebih memilih membeli minyak goreng dan komoditas lainnya.

"Pembelinya berkurang sekitar 50 persen. Ada yang beli juga jadinya dikurangi. Misalnya biasa beli sekilo, jadi setengah kilo," tandasnya.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x