Ceramah Jelang Berbuka Puasa: Doa Diijabah di Bulan Ramadhan

- 14 April 2022, 15:32 WIB
Ceramah Jelang Berbuka Puasa: Doa Diijabah di Bulan Ramadhan/pixabay.
Ceramah Jelang Berbuka Puasa: Doa Diijabah di Bulan Ramadhan/pixabay. /

GALAMEDIA - Berbicara mengenai bulan suci Ramadhan memang selalu menarik.  Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan penuh pahala.

Oleh karena itu, pada bulan suci Ramadhan biasanya dijadikan momentum untuk memperbanyak amalan ibadah.

Pasalnya, pada bulan tersebutlah semua amalan pahalanya dilipat gandakan.

Meski begitu, pada bulan suci Ramadhan diperbolehkan untuk melakukan aktivitas lain selama tidak mengganggu puasa Ramadhan.

Baca Juga: Wagub Jabar: Ibadah Konsisten di Bulan Ramadan Berlimpah Berkah

Selain amalan wajib puasa, ada amalan-amalan sunnah yang bisa dilaksanakan. Ibadah sunnah bulan Ramadhan yang tidak dikerjakan di luar Ramadhan salah satunya sholat tarawih.

Selain sholat tarawih, ada amalan sunnah yang sayang sekali jika ditinggalkan di bulan Ramadhan, sebab banyak pahala da keistimewaan yang Allah berikan di bulan suci ini.

Simak ceramah singkat atau kultum Ramadhan 2022 berikut ini.

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulillah, Hamdan waa syukron lillah Amma Badu

Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur atas kehadiiratan Allah SWT yang telah memberikan kita kenikmatan dan kesempatan sehingga bisa mengghadiri haflah yang mubarokah ini.

Sholawat serta salam marilah kita curah limpahkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW yang telah mencontohkan bagaimana cara hidup agar bisa selamat dunia akherat dengan memluk agama alhaq yakni Islam.

Tidak lupa kepada para sahabat-sahabatnya para tabiin dan tabiaat yang telah bersama-sama berjuang untuk menegakan Al- Islam hingga sampai kepada kita semua.

Baca Juga: Spesifikasi Canggih Samsung M23 5G, Prosesor Keren, Baterai Kuat 2 Hari, Kamera 50MP, Harga Ringan di Kantong

Pada kesempatan ini di bulan Ramadhan, Khatib akan menyampaikan mengenai doa yang diijabah ketika di bulan Ramadhan.

Dalam Alqur'an surat Al-baqaroh 186 dijelaskan

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Dalam ayat ini sudah jelan bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa-doa dari hambanya yang memohon kepada Allah SWT, secara tersirat bahwa doa akan diijabah apabila kita telah memenuhi perintah yang diwajibkan kepada kita.

Baca Juga: Lee Junho 2PM Catat Sejarah di Korea PD Awards, Idol Pertama Menangi Aktor Terbaik, aespa Best Singer!

Jika kita lihat ayat sebelumnya pada surat Al-Baqarah 185-186 itu mengenai bulan Ramadhan yang mana di dalamnya ada perintah shoum (puasa) yang diwajibkan kepada kaum muminin agar mendapatkan ketakwaan.

Sehingga bisa kita artikan bahwa doa yang diijabah itu ada kaitannya dengan amalan ibadah kita (perintah Allah SWT), sejaumana kita memenuhi perintahnya maka sejauh itulah doa akan diijabah.

Dalam surat al-baqaroh 152 pun ditegaskan

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُم
Artinya : Ingatlah padaku, maka aku ingat kepadamu

Dalam ayat ini Allah SWT berfirman bahwasanya ketika ada hamba yang ingat maka Allah pun akan ingat kepada hambanya.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa di BALI, NTB dan NTT Kamis 14 April 2022, Catat Jamnya dan Hafalkan Doa Buka Puasa

Tentu makna ingat di sini bagi kita adalah selalu menjalankan segala titah perintahnya sebagai kita ingat terhadap Allah SWT terutama di bulan Ramadhan yang memiliki kesempatan untuk senantiasa mendekatkan diri.

Maka dari itu di bulan paling mulia Ramadhan mari kita maksimalkan kesempatan beribadah dengan cara menjalanakan semua titah dan perintah Allah SWT kepada kita.

Selain itu pula mari kita memohon kepadanya dengan kumpulan doa yang tentunya penuh harap agar diijabah sebagaimana dalam al-quran Al-mukmin ayat 60:

Baca Juga: Ini Spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G Lengkap dengan Harga dan Teknologi yang Digunakan

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Artinya : Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan (permintaan) bagimu…

Mungkin kultum Ramadhan, khotib cukupkan sekian.

Wallahul muwaffiq ila aqwamit tharieq

Demikian kultum Ramadhan ceramah singkat yang dapat dijadikan bahan referensi untuk disampaikan kembali pada kesempatan kultumm atau kesempatan lainnya.***

Editor: Mia Fahrani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x