Dishub Jabar Live Streaming Kondisi Lalu Lintas Arus Mudik dan Balik

- 19 April 2022, 20:41 WIB
Polisi melakukan jaga atur lalu lintas di Nagreg Kabupaten Bandung. Selam mudik dan balik Lebaran, jalur ini menjadi jalur mudik menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Polisi melakukan jaga atur lalu lintas di Nagreg Kabupaten Bandung. Selam mudik dan balik Lebaran, jalur ini menjadi jalur mudik menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. /sumedangklik.com/

GALAMEDIA - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat  melakukan sejumlah antisipasi selama momen mudik, di antaranya menyediakan informasi terpadu angkutan Lebaran Si Manis dan menyiarkan secara langsung (live streaming) kondisi lalu lintas, melalui radio dan internet.

Dishub Jabar juga menyiapkan posko mudik di terminal bandara, dermaga dan rest area dengan total 42 titik

Sementara itu, puncak arus mudik Lebaran 2022 di Jawa Barat diprediksi terjadi pada 29 dan 30 April, sementara puncak arus balik pada 8 Mei 2022 dan diperkirakan lonjakan jumlah kendaraan terjadi pukul 07.00-09.00 WIB.

Baca Juga: Dilepas Persib, Aqil Savik Dikabarkan Merapat ke Bhayangkara FC

Dimana jumlah pemudik pada momentum Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah secara nasional diprediksi mencapai 85,5 juta orang.

"Dari jumlah itu, sekitar 14,9 juta orang pemudik akan masuk atau bertujuan ke wilayah Jawa Barat di luar wilayah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek), atau sekitar 17,2 persen dari total pemudik," kata  Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat A Koswara, Selasa 19 April 2022.

Sementara pemudik yang akan masuk wilayah Jakarta plus Bodebek akan mencapai 5,9 juta orang atau sekitar 7,0 persen.

Baca Juga: 14,9 Juta Pemudik Diprediksi Masuk Jabar

Kemudian, tujuan pemudik terbanyak masih ke wilayah Jateng dengan perkiraan mencapai 27,5 persen atau sekitar 23,5 juta orang, Jatim 16,8 juta orang atau 19,6 persen.

Dinas Perhubungan Jabar memperkirakan warga Jabar yang akan keluar pada momen Idulfitri 1443:H mencapai 9,2 juta orang. Sementara Jakarta plus Bodebek mencapai 14 juta orang.

"Pemudik yang akan melintas Jabar diperkirakan mencapai 4,5 juta orang. Mereka melintasi jalan arteri, hingga jalur alternatif dan terutama jalan tol," ujar Koswara dikutip Galamedia dari Antara.

Baca Juga: Mudik Lebaran Idul Fitri 2022, Ridwan Kamil Minta Warga Melapor Jika Jadi Korban Pungli

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Jabar Idat Rosana menambahkan kendaraan yang digunakan pemudik akan didominasi oleh kendaraan pribadi, baik mobil ataupun sepeda motor.

Mobil diprediksi mencapai 28,6 persen sementara sepeda motor sekitar 21,5 persen. Sisanya menggunakan kendaraan angkutan umum seperti bus kota (17,38 persen), kereta api (9,7 persen), pesawat (8,13 persen) dan sisanya lewat jalur laut/sungai.

Diperkirakan, pemudik dengan mobil memilih istirahat di rest area baik di dalam jalan tol atau jalan arteri. Sementara pemotor akan memilih istirahat di kawasan SPBU.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x