Jelang Lebaran, Masih Ada Kendaraan Umum Tak Dilengkapi Izin Trayek dan APAR Kedaluarsa

- 20 April 2022, 20:33 WIB
Jelang Lebaran, petugas gabungan melakukan pengecekan kelayakan bus angkutan umum dan angkutan barang di Ruas Tol Purbaleunyi KM 125,  Rabu, 20 April 2022./Laksmi Sri Sundari/Galamedia
Jelang Lebaran, petugas gabungan melakukan pengecekan kelayakan bus angkutan umum dan angkutan barang di Ruas Tol Purbaleunyi KM 125, Rabu, 20 April 2022./Laksmi Sri Sundari/Galamedia /

GALAMEDIA - Petugas gabungan melakukan pengecekan kelayakan bus angkutan umum dan angkutan barang di Ruas Tol Purbaleunyi KM 125, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Rabu, 20 April 2022.

Pengecekan atau rampcheck yang dilakukan personel Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, dan unsur TNI serta Polri ini difokuskan pada angkutan umum yang akan digunakan pada lebaran tahun ini.

Berdasarkan pantauan, personel gabungan mulai melakukan pemeriksaan kendaraan angkutan barang dan bus sekitar pukul 16.00 WIB. Administrasi kendaraan dan fisik diperiksa secara teliti, untuk memastikan kendaraan tersebut tertib administrasi dan layak jalan.

Baca Juga: Kalimalang Bakal Miliki Jembatan Cinta Seperti di Paris, Penataan Berlanjut Tahun Ini

Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Dishub Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan bahwa kendaraan yang akan digunakan masyarakat saat mudik nanti memang layak jalan.

"Jadi jangan sampai terjadi hal fatal pada angkutan umum seperti kecelakaan. Untuk itu sedini mungkin kita periksa supaya kalau ada yang kurang, kita minta perbaiki," kata Ranto kepada wartawan.

Dijelaskan Ranto, diperbolehkannya mudik lebaran tahun ini diprediksi akan banyak masyarakat yang pulang kampung. Sebab, sudah dua tahun masyarakat tidak diperbolehkan melakukan aktivitas mudik lantaran kasus Covid-19 yang masih tinggi penularannya.

Baca Juga: Kasus Kematian Tangmo Nida: Tersangka Kunci Menyerahkan Diri!

"Untuk tahun ini kan sudah ada keputusan sudah boleh mudik, dan kita prediksi pemudik akan membludak. Untuk itu pemeriksaan angkutan umum seperti ini harus dilakukan," tegas Ranto.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x