24 Persen Calhaj Terancam Gagal Berangkat ke Tanah Suci, Ternyata Ini Penyebabnya

- 18 Mei 2022, 15:34 WIB
Ilustrasi calon jamaah haji yang akan diberangkatkan tahun ini.
Ilustrasi calon jamaah haji yang akan diberangkatkan tahun ini. //Kemenag

GALAMEDIA - Kementerian Kesehatan mencatat masih ada sekitar 24 persen calon jamaah haji yang akan diberangkatkan tahun ini belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.

"Per hari ini baru 76% yang sudah dosis lengkap. Artinya baru 76% jamaah yang bisa berangkat ke tanah suci,'' ungkap Kepala Pusat Kesehatan Haji, Kementerian Kesehatan dr. Budi Sylvana, MARS yang dikutip  Galamedia dari laman Kemenkes RI, Rabu 18 Mei 2022.

Ia menjelaskan, vaksinasi Covid-19 dosis lengkap menjadi salah satu syarat utama dari Arab Saudi untuk memberangkatkan Jamaah Haji. Sehingga jamaah yang belum divaksinasi dosis lengkap, terancam untuk tidak diberangkatkan.

Baca Juga: Jadwal Tayang Film Komedi Gara-gara Warisan, Kamis 19 Mei 2022 di XXI Bandung, Bekasi dan Bogor

Sehingga, lanjut Budi, bagi semua pihak khususnya petugas kesehatan punya tugas yang sama yaitu untuk dapat meyakinkan agar jamaah haji segera mau melakukan vaksinasi lengkap, sesuai dengan amanah dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

''Menjadi tugas kita sama sama untuk menyakinkan jemaah untuk sesegera mungkin melengkapi vaksinasi dosis lengkap sesuai yang dipersayaratkan,'' tegasnya.

Terdapat tiga syarat perjalanan haji yang udah ditentukan oleh pemerintah arab saudi harus terpenuhi, yaitu syarat vaksinasi Covid-19 minimal vaksin lengkap, PCR 72 jam sebelum keberangkatan dan syarat maksimal umur di bawah 65 tahun.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah