Pagu Indikatif Perpusnas Disetujui, Komisi X DPR RI Minta Penguatan Literasi dan SDM Indonesia

- 3 Juni 2022, 18:10 WIB
Pagu Indikatif Perpusnas Disetujui, Komisi X DPR RI Minta Penguatan Literasi dan SDM Indonesia./dok.IST
Pagu Indikatif Perpusnas Disetujui, Komisi X DPR RI Minta Penguatan Literasi dan SDM Indonesia./dok.IST /

GALAMEDIA - Komisi X DPR RI menyetujui pagu indikatif RAPBN TA 2023 Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) sebesar Rp 675,9 miliar.

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Perpusnas, Komisi X DPR RI juga menyetujui usulan tambahan anggaran Perpusnas dalam RAPBN TA 2023 sebesar Rp 2,7 triliun. Terhadap usulan tambahan anggaran tersebut,

Komisi X DPR RI menekankan Perpusnas agar dapat digunakan untuk penguatan literasi dan sumber daya manusia (SDM) perpustakaan.

Anggota Komisi X DPR RI, Andreas Hugo Pareira mengatakan bahwa pihaknya memberi dukungan penuh atas usulan anggaran dan usulan tambahan anggaran yang diajukan Perpusnas.

Baca Juga: Warga Bandung Doakan Eril, Wali Kota Yana Mulyana: Kita Doakan Ditenangkan Jalannya Menuju Surga

"Usulan yang disampaikan kami mendukung sepenuhnya, untuk kemudian nanti dibawa ke badan anggaran (banggar). Namun, kami mohon diperhatikan pembangunan perpustakaan di daerah tetap penting. Karena masih banyak wilayah yang belum mendapat kesempatan untuk mendirikan perpustakaan," ungkapnya dalam RDP di Gedung Nusantara I Jakarta, Kamis 2 Juni 2022.

Anggota Komisi X DPR RI, Putra Nababan juga meminta Perpusnas agar tidak hanya memprioritaskan pembangunan fisik perpustakaan, tetapi juga pembangunan SDM.

"Tahun 2023 adalah gelombang terakhir dari pemerintah untuk memberdayakan SDM. Karena 2024 tahun politik, kalau ada kegiatan bimtek untuk pustakawan saya rasa itu harus menjadi prioritas ketimbang membangun fisiknya," terangnya.

Hal senada disampaikan oleh Legislator dari Fraksi Partai NasDem, Ratih Megasari Singkarru yang menyampaikan dukungannya atas pembangunan SDM melalui pembinaan pustakawan. Pihaknya mendorong Perpusnas dapat melakukan pendataan pustakawan di seluruh Indonesia.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x