Jabar Dorong Penyebaran Dokter Spesialis Patologi Klinik Lebih Merata

- 6 Juni 2022, 19:47 WIB
Jabar Dorong Penyebaran Dokter Spesialis Patologi Klinik Lebih Merata.
Jabar Dorong Penyebaran Dokter Spesialis Patologi Klinik Lebih Merata. /

GALAMEDIA - Provinsi Jawa Barat mendorong keberadaan Dokter Spesialis Patologi Klinik lebih merata di berbagai daerah agar pelayanan kesehatan bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dr. Nina Susana Dewi Sp.PK(K),MKes, MMRS mengakui penyebaran dokter spesialis Patologi Klinik belum merata dan masih terpusat di kota-kota besar.

"Bukan hanya di Jawa Barat saja, penyebaran dokter spesialis bukan hanya Patologi Klinik, memang belum merata. Juga terjadi di daerah lain," ujarnya dalam acara Seminar Hematology & Covid 19 Update sekaligus Halal Bihalal PDS PatKLin Bandung, Sabtu 4 Juni 2022.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat berharap perhimpunan dokter spesialis bisa mendistribusikan para dokter lebih merata hingga ke pelosok daerah.

Baca Juga: Kepala Disdik Jabar Pantau PPDB 2022 Hari Pertama di SMAN 20 Bandung

Menurutnya, perhimpunan dokter punya kewajiban membantu dan mendukung pemerintah dalam menghadirkan pelayanan kesehatan yang optimal untuk masyarakat.

"Diatur oleh perhimpunannya, mereka harus membantu untuk menyebarkan (dokter spesialis)," katanya.

dr. Nina menuturkan penghargaan kepada para dokter spesialis yang berada di daerah pelosok relatif belum baik. Hal ini membuat para dokter spesialis kurang tertarik saat ditawari tugas untuk berada di luar kota besar.

Selain itu, lokasi RS di daerah memiliki jarak yang sangat jauh sehingga akan mengganggu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x