Kapal Galiung San Jose yang Tenggelam Tahun 1708 Ditemukan Penuh Emas Batangan

- 7 Juni 2022, 20:53 WIB
ilustrasi  harta karun//Pixabay/
ilustrasi harta karun//Pixabay/ /

GALAMEDIA - Kapal Galiung San Jose yang karam di lautan Karibia akhirnya ditemukan angkatan laut Kolombia 

Kapal tersebut diperkirakan para sejarawan mengangkut harta benda yang bernilai miliaran dolar, tenggelam pada tahun 1708 di dekat pelabuhan Cartagena di Karibia Kolombia.

Para pejabat Angkatan Laut Kolombia, yang tengah menjalankan observasi bawah air terhadap kapal galiung San Jose juga menemukan dua bangkai kapal karam bersejarah yang terletak berdekatan,

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Isyaratkan Harga CPO di Petani Bakal Naik: Perusahaan Minyak Kepala Segera Diaudit

Presiden Kolomboa  Ivan Duque mengungkapkan, kemungkinan untuk memulihkan kembali kapal itu, telah​​​​ diupayakan selama bertahun-tahun.

Duque dan para pejabat Angkatan Laut mengatakan bahwa sebuah kendaraan yang dikendalikan jarak jauh mencapai kedalaman 900 meter dan menampilkan rekaman-rekaman video baru atas bangkai kapal tersebut.

Kendaraan itu juga menemukan dua bangkai kapal lainnya di lokasi yang berdekatan.

Baca Juga: Film Ngeri Ngeri Sedap untuk Umur Berapa? Ini Jawabannya!

Kedua bangkai kapal itu yakni sebuah kapal kolonial dan kapal sekuner yang diperkirakan berasal dari periode waktu yang sama dengan perang yang dilalui Kolombia untuk kemerdekaan dari Spanyol, sekitar 200 tahun yang lalu.

"Terdapat dua penemuan lainnya di area yang sama, yang menunjukkan opsi lain untuk eksplorasi arkeologi," kata komandan Angkatan Laut Laksamana Gabriel Perez dikutip Galamedia dari Antara, Selasa 7 Juni 2022.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x