Waspadai Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Jabar hingga Jateng Sampai Tiga Hari ke Depan

- 17 Juni 2022, 08:48 WIB
Ilustrasi waspadai gelombang tinggi di pantai Jabar hinga Jateng.
Ilustrasi waspadai gelombang tinggi di pantai Jabar hinga Jateng. //Pexels

GALAMEDIA - Masyarakat di pesisir selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta diminta mewaspadai potensi gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY hingga tiga hari ke depan.

Sebab Berdasarkan analisis cuaca, tinggi gelombang disepanjang pantai tersebut bisa mencapai 2,5-4 meter dan masuk kategori tinggi.

Gelombang tinggi tersebut berpotensi terjadi hingga hari Minggu 19 Juni 2022 di wilayah perairan selatan Jabar-DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar-DIY.

Baca Juga: Rilis Official Trailer, Kapan Film Pengabdi Setan 2: Komuni Tayang di Bioskop? Catat Jadwalnya!

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jateng, Jumat 17 Juni 2022 menuturkan, tinggi gelombang di Samudra Hindia selatan Jabar-DIY atau laut lepas pada Sabtu 18 Juni 2022 malam hingga Minggu 19 Juni 2022 petang diprakirakan berkisar 4-6 meter yang masuk kategori sangat tinggi.

Untuk tinggi gelombang di perairan selatan Jabar-DIY atau kawasan pantai pada periode Sabtu 18 Juni 2022 malam hingga Minggu 19 Juni 2022 petang diprakirakan berkisar 2,5-4 meter atau masuk kategori tinggi.

"Kami telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan selatan Jabar-DIY dan Samudra Hindia selatan Jabar-DIY tersebut, sehingga masyarakat khususnya pengguna jasa kelautan diimbau untuk tetap waspada," katanya seperti dilansirkan Antara.

Baca Juga: Harga Emas Pegadaian Hari Ini 17 Juni 2022 Antam dan UBS Kompak Naik Makin Mahal

Menurutnya, peningkatan tinggi gelombang tersebut dipengaruhi oleh pola angin yang bertiup dari arah timur laut hingga barat laut dengan kecepatan berkisar 2-20 knot.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x