Tetap Waspada, Mayoritas Kota di Indonesia Diprediksi Diguyur Hujan

- 21 Juni 2022, 09:18 WIB
Ilustrasi hujan melanda sejumlah kota di Indonesia.
Ilustrasi hujan melanda sejumlah kota di Indonesia. /Pexel Vlad Chetan/

GALAMEDIA - Mayoritas wilayah di Indonesia, Selasa 21 Mei 2022 diperkirakan akan diguyur hujan.

Fenomena atmosfer yang berpengaruh pada kondisi cuaca tersebut, adalah adanya daerah sirkulasi yang terbentuk di Selat Karimata di sebelah barat Kalimantan Barat, yang menyebabkan terbentuknya perlambatan kecepatan angin atau konvergensi, yang memanjang dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat.

Dilansirkan Antara dari paparan Info BMKG diikuti secara daring di Jakarta, daerah konvergensi lainnya terpantau ada di wilayah Aceh hingga perairan barat Aceh, di wilayah Sumatera Barat hingga Riau, di Bangka Belitung hingga Kepulauan Riau, di Sulawesi bagian tengah dan juga di Maluku.

Baca Juga: Mengenal Nasida Ria, Grup Qasidah asal Semarang yang Tampil di Jerman

Fenomena atmosfer lainnya yakni pertemuan angin atau konfluensi, terbentuk di wilayah laut Jawa, di Sulawesi Tenggara, di Maluku bagian Selatan, di Laut Banda, di Laut Arafuru dan juga di Papua bagian selatan.

Kondisi kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik, konvergensi dan juga konfluensi hingga wilayah Sumatera, di Banda Aceh, Medan dan Padang serta Tanjungpinang dan juga Palembang diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Kewaspadaan harus dilakukan untuk masyarakat di wilayah Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, dan Pangkalpinang. Sebab diwilayan tersebut diprakirakan akan diguyur hujan disertai petir.

Sedangkan wilayah Bandar Lampung diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas lebat.

Baca Juga: Kenali Pemicu Peradangan saat Penyakit Asma Kambuh, Berikut Penjelasan Dokter

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x