Mahathir Sebut Malaysia Seharusnya Klaim Singapura dan Kepulauan Riau, Indonesia

- 21 Juni 2022, 15:39 WIB
Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad Sebut Malaysia Seharusnya Mengkalim Singapura dan Kepulauan Riau, Indonesia
Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad Sebut Malaysia Seharusnya Mengkalim Singapura dan Kepulauan Riau, Indonesia /Instagram @chedetofficial

GALAMEDIA - Eks Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mendadak melontarkan pernyataan kontroversial.

Mahathir dalam pidatonya pada Minggu, 19 Juni 2022 menyebut bahwa Malaysia seharusnya mengklaim Singapura hingga Kepulauan Riau yang kini merupakan wilayah Indonesia.

Baca Juga: Kamu Suka Minuman Bersoda? Ini 7 Bahaya yang Harus Diwaspadai!

Melansir The Straits Times, Mahathir menyebut bahwa Singapura sebelumnya dikuasai oleh Johor dan negara bagian Johor berhak meminta kembali negeri singa itu.

"Namun, tidak ada tuntutan apapun dari Singapura. Sebaliknya, kami menunjukkan apresiasi kami kepada kepemimpinan negara baru bernama Singapura ini," ujarnya dikutip Galamedia Selasa, 21 Juni 2022.

Baca Juga: Jokowi Ulang Tahun, Ridwan Kamil Sampaikan Ucapan Spesial, Begini Katanya

Dia juga menyinggung soal Malaysia yang disebutnya beruntung telah memenangkan dan menguasai pulau Sipadan dan Ligitan di lepas Kalimantan melawan Indonesia di Mahkamah Internasional.

"Seharusnya kita tidak hanya menuntut agar Pedra Branca, atau Pulau Batu Puteh, dikembalikan kepada kita, kita juga harus menuntut Singapura dan Kepulauan Riau, karena mereka adalah Tanah Melayu," sebut dia.

Pria berusia 96 tahun ini mendadak menjadi perbincangan usai menyampaikan video dalam acara yang digelar oleh beberapa organisasi non-pemerintah yaitu Kongres Survival Melayu (Kongres untuk Kelangsungan Hidup Melayu).

Halaman:

Editor: Rizwan Suandi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x