Penyebaran PMK di Kabupaten Cirebon Meluas, Dinas Pertanian Sebut 1.356 Ternak Terjangkit

- 28 Juni 2022, 19:07 WIB
Masyarakat perlu mewaspadai penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak sapi
Masyarakat perlu mewaspadai penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak sapi /

GALAMEDIA - Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) dI Kabupaten Cirebon meluas hingga ke 22 kecamatan, dan sudah menyerang sebanyak 1.356 ternak.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Encus Suswaningsih mengungkapkan,  penyebaran PMK di Kabupaten Cirebon termasuk cepat, karena hingga data terakhir jumlah hewan ternak yang terpapar mencapai 1.356 ekor dari berbagai jenis.

"Penyebaran PMK saat ini sudah mencapai 47 desa dari 22 kecamatan," kata Sekretaris  Encus Suswaningsih di Cirebon, Selasa 28 Juni 2022.

Baca Juga: Seru, Puluhan Ibu Kelurahan Derwati Ikuti Pelatihan Eco Brick Yang Digelar Alfamart

Namun, kata Encus, penyebaran wabah PMK didominasi ke ternak sapi dengan jumlah 1.168 ekor, yang terdiri dari sapi potong 1.143 dan sapi perah 25 ekor.

"PMK juga sudah menyerang domba dengan jumlah 10 ekor, dan kerbau 178 ekor," ujarnya dikutip Galamedia dari Antara.

Ia menambahkan, dari jumlah tersebut sebanyak 37 ekor dipotong paksa, tiga ekor mati, dan 245 ekor sudah dinyatakan sembuh, sedangkan sisanya masih dilakukan pengobatan.

Baca Juga: Film KKN di Desa Penari Versi Extended Bakal Rilis, Segini Durasinya

Encus mengatakan, untuk mengatasi wabah PMK, saat ini Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon sudah mendapatkan vaksin PMK dengan jumlah 400 dosis.

Sedangkan kebutuhannya diperkirakan mencapai untuk sekitar 3.000 ekor ternak, yang harus dilakukan pencegahan wabah PMK.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x