Menlu Rusia Dianggap Tidak Hormati Pertemuan G20, Tinggalkan Ruangan saat Peserta Lain Bicara

- 9 Juli 2022, 08:40 WIB
Menlu Rusia hadiri FMM G20 di Bali, Jumat 8 Juli 2022.
Menlu Rusia hadiri FMM G20 di Bali, Jumat 8 Juli 2022. /Antara/

GALAMEDIA - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dianggap tidak menghormati pertemuan G20 setelah meninggalkan ruangan ketika peserta lain masih berbicara.

Lavrov meninggalkan ruang Pertemuan Menlu G20 (G20 Foreign Ministers’ Meeting/FMM) yang diselenggarakan di salah satu hotel di Nusa Dua, Bali, setelah ia selesai berbicara menyampaikan pandangan Rusia.

Lavrov tidak mendengarkan pemaparan dari menteri lain yang berbicara setelah gilirannya.

“Dia berbicara kemudian pergi tanpa memberikan penjelasan apa pun. Tidak mendengarkan menteri yang lain (berbicara) dan menghindari segala jenis interaksi maupun diskusi,” kata Perwakilan Tinggi Uni Eropa (EU) Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan (HRVP) sekaligus Wakil Presiden Komisi Eropa Josep Borrell kepada beberapa media usai FMM G20 di Nusa Dua, Jumat 8 Juli 2022 malam.

Baca Juga: Mayoritas Cuaca di Kota-kota Besar di Indonesia Diprediksi Cerah Berawan

Sikap Lavrov, lanjut Borrell seperti dilansirkan Antara, menunjukkan dia tidak menghormati pertemuan G20 dan tidak hadir untuk mencari solusi atas konflik Rusia dengan Ukraina—yang disorot dalam pertemuan tersebut sebagai salah satu tantangan global saat ini, selain pandemi COVID-19.

Borrell mengungkapkan pertemuan itu berlangsung secara sopan, tetapi juga dalam suasana emosional karena membahas masalah hidup dan mati orang-orang dalam perang di Ukraina.

Borrell menyinggung krisis pangan, sebagai dampak perang, yang akan mengejutkan banyak negara di dunia jika perang tidak segera diakhiri.

“Dan bukan hanya Ukraina yang menderita karenanya,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x