Varian Omicron Masih Terus Bermutasi, Ini Varian Baru BA.5 yang Mendomonasi Kasus Covid-19 di Dunia Saat Ini

- 14 Juli 2022, 08:00 WIB
Subvarian Omicron terus berkembang pesat. Setelaj muncul BA.4, kini muncul BA.5 yamg lebih tahan dari  vaksin.
Subvarian Omicron terus berkembang pesat. Setelaj muncul BA.4, kini muncul BA.5 yamg lebih tahan dari vaksin. /pixabay.com/thedigitalartis/

GALAMEDIA - Virus Covid-19 varian Omicron masih terus bermutasi. Salah satunya yang terakhri adalah varian BA.5. Virus dari keluarga Omicron ini adalah varian terkini virus corona yang memicu gelombang baru Covid-19 di seluruh dunia.

Menurut laporan terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), varian itu berada di balik 52 persen kasus pada akhir Juni, naik dari 37 persen dalam sepekan.

Di Amerika Serikat, varian ini diperkirakan menjadi penyebab sekitar 65 persen kasus Covid-19. BA.5 bukan varian baru. Pertama kali ditemukan pada Januari, varian itu telah dipantau oleh WHO sejak April.

Baca Juga: Waspada! Hujan Guyur Jabar Sepanjang Hari: Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Kamis, 14 Juli 2022

BA.5 adalah saudara dari Omicron, varian yang mendominasi dunia sejak akhir 2021, dan pemicu lonjakan kasus di banyak negara, termasuk Afrika Selatan tempat varian itu pertama ditemukan, Inggris, dan Australia.

Kasus-kasus infeksi virus corona di seluruh dunia kini meningkat selama empat pekan berturut-turut, menurut data WHO.

Baca Juga: Makna Asmaul Husna: Al Mutakabbir, Al Khaliq, dan Al Baari, Dzikir Pagi dengan Asmaul Husna

Kenapa Cepat Menyebar?

Seperti saudara dekatnya, BA.4, BA.5 memiliki kemampuan yang baik untuk menghindari perlindungan imun yang diperoleh dari vaksinasi atau infeksi sebelumnya.

"Dengan kemampuan itu, BA.5 memiliki kelebihan dalam penyebaran dibandingkan dengan turunan-turunan Omicron yang beredar," kata Maria Van Kerkhove, Kepala Tim Teknis Bidang Covid-19 di WHO dalam jumpa pers, Selasa, 12 Juli 2022 lalu.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x