WASPADA! BMKG: 11 Wilayah Berpotensi Hujan hingga Sangat Lebat, Natal sampai Tahun Baru, Termasuk Jawa Barat

- 22 Desember 2022, 13:57 WIB
ilustrasi: BMKG minta waspada hujan lebat hingga sangat lebat di periode Natal hingga Tahun Baru 2023 di 11 wilayah, termasuk Jawa Barat.
ilustrasi: BMKG minta waspada hujan lebat hingga sangat lebat di periode Natal hingga Tahun Baru 2023 di 11 wilayah, termasuk Jawa Barat. /Pixabay @Kammy27/

GALAMEDIANEWS – Menjelang Natal hingga Tahun Baru 2023, 11 wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat hingga sangat lebat, sehingga semua pihak harus waspada.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, wilayah yang berpotensi hujan hingga sangat lebat ini termasuk wilayah Provinsi Jawa Barat.

Kepala BMKG, Dwikorita mengatakan meningkatnya curah hujan selama Natal hingga Tahun Baru 2023 terjadi karena adanya dinamika atmosfer.

Beberapa dinamika atmosfer yang menyebabkan wilayah tertentu berpotensi hujan lebat hingga sangat lebat yakni aktivitas Monsun Asia.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung dan Harga Tiket Timnas Indonesia Piala AFF Mitsubishi Electric Cup 2022, Live TV Mana?

Akibatnya, terjadi peningkatan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah dan juga selatan.

Selain aktivitas Monsun Asia, Dwikorita mengatakan adanya peningkatan intensitas seruakan dingin Asia, dapat meningkatkan kecepatan angin permukaan di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan.

Hal itu juga menyebabkan terjadinya potensi awan hujan di sekitar Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara.

“Pemerintah dan masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi risiko terjadinya bencana hidrometeorologi. Dahan dan ranting pohon yang rapuh harus dipangkas, serta menguatkan tegakan tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang,” ujar Dwikorita.

Halaman:

Editor: Nalarya Nugraha

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x