Legislator: 1,6 Juta Hektare Lahan Hutan di Indonesia Sengaja Dibakar

- 18 Juli 2020, 12:27 WIB
PEMADAMAN kebakaran hutan dan lahan.*
PEMADAMAN kebakaran hutan dan lahan.* /Istimewa/

GALAMEDIA - Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin, meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menjadikan bencana alam di berbagai wilayah sekitar hutan sebagai perhatian.

Saat ini yang sudah terjadi nyata yaitu banjir bandang di Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan yang menimbulkan kesengsaraan masyarakat terdampak.

"Kami akan minta penjelasan ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sejauh mana pengawasan kawasan hutan konservasi ini dan akan kami cek izin atau dasar hukum perusahaan atau perorangan yang melakukan alih fungsi lahan hutan," kata Andi Akmal Pasluddin, Sabtu, 18 Juli 2020.

Baca Juga: Pria Ini Merobek dan Menginjak-injak Bendera Merah Putih, Videonya Viral di Media Sosial

Legislator asal Sulawesi Selatan II ini melihat begitu banyak upaya pembalakan liar dengan berbagai cara dan metode.

"Pohon dikuliti, hingga terkelupas dan perlahan mati secara massal. Bagian bawah pohon dibakar, bahkan ada yang meracuni dengan bahan kimia sehingga pohon tumbang dengan sendirinya," ungkap dia.

Andi Akmal sangat menyayangkan banyak sekali ulah manusia yang demi mengambil keuntungan alam. Tetapi secara bersamaan memunculkan ancaman bencana yang dipastikan terjadi di masa yang akan datang.

Baca Juga: Sejarah 18 Juli: Lahirnya Pejuang Antirasisme dan Penghapus Apartheid

"Pemerintah tidak boleh tinggal diam dalam hal ini KLHK sebagai kementerian yang bertanggung jawab terhadap hutan Indonesia," ujar dia seperti dilaporkan wartawan PR, Sarnapi.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x