Pemerintah Bersama DPR Persiapkan Fasilitas Kesehatan di Ibu Kota Nusantara

- 3 Februari 2023, 11:23 WIB
Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur/ANTARA Foto/Aji Cakti
Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur/ANTARA Foto/Aji Cakti /

GALAMEDIANEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bersama Komisi IX DPR RI saat ini sedang mempersiapkan kesediaan fasilitas kesehatan di Ibu kota Nusantara (IKN) yang terdapat di Provinsi Kalimantan Timur.

"Bukan hanya membangun rumah sakit (RS) dari sisi pelayanan rujukan, namun juga membangun Puskesmas di tingkat pertama untuk penguatan promotif dan preventifnya," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkes RI Kunta Wibawa Dasanugraha melalui siaran pers sebagaimana dikutip dari media berita ANTARA News pada Jumat, 3 Februari 2023

Menurut Kunta, rencana tersebut sedang dibahas dalam kunjungan kerja khusus kesehatan Komisi IX DPR RI ke Titik Nol (IKN) di ibu kota nusantara pada Kamis, 2 Februari 2023.

Baca Juga: NONTON The Last of Us Episode 1, 2, 3 Klik Link Download Di Sini, Bukan di LK21 atau Telegram

"Kami akan perkuat juga surveilans pencegahan penyakit dan laboratorium kesehatannya," katanya.

Kemenkes akan mendirikan RS yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat IKN dan akan menghubungkan RS tersebut dengan RS TNI/POLRI dan RS Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas IKN. Selain fokus pada penyiapan infrastruktur puskesmas, Kementerian Kesehatan juga menargetkan peningkatan kualitas pelayanan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) kesehatan di beberapa daerah penyangga.

Kementerian Kesehatan saat ini sedang mendorong penyelesaian sarana dan prasarana medis di lima puskesmas daerah penyangga IKN dengan alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun 2022/2023.

Halaman:

Editor: Nalarya Nugraha

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x