Indonesia Mencalonkan Sebagai Anggota Dewan HAM PBB Periode 2024-2026 dengan Angkat Tema Inclusive Partnership

- 2 Maret 2023, 08:46 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan pernyataan pada Sidang Dewan HAM PBB ke-52 di Jenewa, Swiss pada Senin (27/2/2023)
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan pernyataan pada Sidang Dewan HAM PBB ke-52 di Jenewa, Swiss pada Senin (27/2/2023) /kemlu.go.id/

 

GALAMEDIANEWS - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengumumkan pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan HAM PBB untuk periode 2024-2026 pada hari Senin, 27 Februari 2023, di sela-sela keikutsertaan Indonesia pada Sidang ke-52 Dewan HAM PBB di Jenewa.

Sidang ke-52 Dewan HAM PBB diselenggarakan dalam rangka memperingati 75 tahun penandatanganan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

Menlu Retno menyampaikan bahwa pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan HAM yang mengusung tema "Inclusive Partnership for Humanity" ini bertujuan untuk memperkuat komitmen Indonesia di bidang HAM.

Baca Juga: KPK Sebut Rafael Alun Trisambodo Miliki Surat Berharga di 6 Perusahaan dengan Nilai Sekitar Rp1,5 miliar

Seperti yang dilansir dari laman Kementerian Luar Negeri RI, Menlu Retno pada hari Selasa, 28 Februari 2023, meminta dukungan negara-negara untuk pencalonan Indonesia.

Dalam sidang Dewan HAM PBB, Menlu Retno mengajak semua negara untuk menegaskan kembali komitmennya terhadap HAM.

"Peringatan 75 tahun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia harus menjadi pendorong untuk memperkuat komitmen penghormatan HAM dan tidak memecah perhatian dunia terhadap kondisi penghormatan HAM," ujar Menlu Retno.

Meskipun Deklarasi Universal HAM terus mendorong transformasi menuju dunia yang lebih adil, setara dan inklusif, Menlu Retno mengatakan bahwa kerja sama yang erat diperlukan untuk mewujudkannya.

Baca Juga: Rekomendasi HP Harga Rp 2 Jutaan Terbaik dan Terbaru 2023 Lengkap dengan Spesifikasinya

Halaman:

Editor: Fasya Askanti

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x