Nilai Tukar Rupiah Melemah di Tengah Jatuhnya Silicon Valley Bank

- 13 Maret 2023, 17:51 WIB
Nilai tukar (kurs) Rupiah ditutup melemah 17 poin atau 0,11 persen ke posisi Rp15.450 per dolar AS.
Nilai tukar (kurs) Rupiah ditutup melemah 17 poin atau 0,11 persen ke posisi Rp15.450 per dolar AS. /iqbalnuril/Pixabay/

GALAMEDIANEWS - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan menurun di tengah kejatuhan Silicon Valley Bank (SVB) di Amerika Serikat (AS). Hal ini yang menyebabkan sentimen risk off di pasar.

 

Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin pagi tanggal 13 Maret 2023, tergelincir lima poin atau 0,03 persen ke posisi Rp15.455 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp15.450 per dolar AS.

Dikutip dari laman berita Antaranews, menurut analis DCFX Futures Lukman Leong,  nilai tukar Rupiah akan melemah seiring kejatuhan Silicon Valley Bank. “Nilai tukar Rupiah diprediksi akan melemah di tengah sentimen risk off di pasar oleh kejatuhan Silicon Valley Bank," ucap analis DCFX Futures Lukman Leong saat dihubungi di Jakarta, Senin 13 Maret 2023.

Baca Juga: Penerimaan PAPK TNI Tenaga Kesehatan TA 2023 Sudah Dibuka, Simak Link dan Syarat Pendaftarannya

 

Sentimen risk off menunjukkan investor menghindari atau melepas asset dan mata uang berisiko, sehingga rupiah akan dilepas investor. Regulator perbankan California mengatakan mereka menutup SVB Financial Group untuk melindungi simpanan dalam kegagalan bank terbesar sejak krisis keuangan. Krisis modal di SVB telah menekan saham bank-bank secara global.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x