Fakta dan Karya Lilis Karlina, Pedangdut yang Putranya Terlibat Peredaran Narkoba

- 15 Maret 2023, 15:40 WIB
Lilis Karlina, Pedangdut Era 1990an yang Putranya Terjerat Kasus Peredaran Narkoba./ Kasetlalu dan Instagram @liliskarlina22
Lilis Karlina, Pedangdut Era 1990an yang Putranya Terjerat Kasus Peredaran Narkoba./ Kasetlalu dan Instagram @liliskarlina22 /
GALAMEDIANEWS - Pedangdut pelantun lagu Goyang Karawang, Lilis Karlina saat ini kembali diberitakan. Pasalnya, putra dari pedangdut tersebut ditangkap oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta. Ironisnya, sang putra berinisial RD (15 Tahun) masih berstatus pelajar SMP.

 

 
Remaja yang ditangkap di Ciwareng, Purwakarta ini terlibat peredaran Narkoba dan Obat keras secara ilegal. Adapun barang bukti yang diamankan oleh pihak berwajib berupa 925 butir obat Hexymer, 740 butir obat tramadol, dan 200 butir obat trihexyphenidyl. Pelaku mendapatkan barang tersebut membelinya secara daring.
 
Bagi para pecinta dangdut, tentu tidak asing mengenal Lilis Karlina. Terlebih lagi, saat mengalami kejayaan pedangdut tersebut di era 1990an hingga 2000an. Berikut sederet fakta dan karya tentang Lilis Karlina.
 

Pernah Bergabung Dalam Manis Manja Group

 

Lilis Karlina mulai dikenal ketika menjadi anggota grup vokal Manis Manja pada 1993. Grup vokal yang terdiri atas berbagai penyanyi dangdut dibawah naungan label musik Maheswara Musik Record ini seperti Ine Sinthya, Yulia Citra, Kitty Nurbaiti, dan Murni Chania mulai ngetop lewat lagu Aduh Buyung pada 1993.
 
Selain Aduh Buyung, hits lain yang dikenal seperti Jodoh, Bul Kibal Kibul, Cinta, Biduan dan 4 Angkatan. Lilis Karlina hengkang dari grup tersebut pada 1997 untuk bersolo karier. Sebelum di Manis Manja, ia sempat bergabung dengan grup Kelompok Centil pada 1991 yang menciptakan hits Abah Emak.
 

Terkenal dengan Suara Khas Sinden

 

Lilis Karlina mulai dikenal sebagai penyanyi dangdut lewat lagu Goyang Karawang yang dirilis pada 1992. Lagu ciptaan Muchtar B (Alm) bernuansa etnik Sunda dengan suara cengkok dangdut khas sindennya. Selain lagu Goyang Karawang, single lain yang sukses seperti Sinden Jaipong, Bunga Warung, Siapa Kau, Nelangsa, dan Ngantos Kabar. Lilis Karlina pernah menyanyikan lagu dangdut benuansa etnik Banyuwangi seperti lagu Cinta Terisolasi dan Reformasi Cinta.
 

Terkenal Dengan Bibir Seksi

 
Pedangdut Lilis Karlina pernah dinobatkan sebagai penyanyi dangdut dengan bibir terseksi menurut sebuah harian dari ibukota. Lilis Karlina sampai dimiripi aktris Angelina Jolie dan Pamela Anderson berkat bibir seksinya tersebut.
 

Beralih Menjadi Pegiat Budaya Sunda

 
Lilis Karlina telah lama menepi dari dunia hiburan Indonesia. Ia kini menetap di kampung halamannya, Desa Ciwareng Purwakarta dan beralih menjadi Pegiat budaya Sunda. Melalui akun resmi Instagramnya @liliskarlina22 ia sering mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian budaya Sunda.
 

Diskografi Karya Lilis Karlina

 

Album
-Goyang Karawang (1992)
-Sinden Jaipong (1993)
-Bunga Warung (1994)
-Slebor (1995)
-Siapa Kau (1996)
-Bulan Separuh (1998)
-Reformasi Cinta (1999)
-Kiss (2001)
-Ngantos Kabar (2003)
-Lilis Karlina (2005)
 
Single
-Goyang Karawang
-Sinden Jaipong
-Bunga Warung
-Slebor
-Nelangsa
-Siapa Kau
-Bulan Separuh
-Cinta Terisolasi
-Reformasi Cinta
-Kejamnya Kekasih
-Kiss
-Ngantos Kabar
-Goyang Banondari.
 

 

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x