Polda dan Dishub Jabar Siapkan Strategi Memecah Kemacetan di Jalur Mudik Bagian Selatan

- 18 April 2023, 11:39 WIB
Pemaparan materi dari Polda dan Dishub Jabar pada diskusi Gaspol oleh PWI Pokja Gedung Sate, Senin, 17 April 2023./IST
Pemaparan materi dari Polda dan Dishub Jabar pada diskusi Gaspol oleh PWI Pokja Gedung Sate, Senin, 17 April 2023./IST /

GALAMEDIANEWS - Kepadatan bahkan kemacetan lalu lintas diprediksi masih akan terjadi di jalur selatan Jawa Barat pada momentum arus mudik dan balik lebaran 2023.

Jalur tersebut meliputi Limbangan-Kadungora di Kabupaten Garut, Gentong Kota Tasikmalaya dan Nagreg Kabupaten Bandung. Seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya, ketiga jalur kerap jadi 'langganan' macet.

Jalur selatan memang berukuran kecil, lalu berkelok-kelok, tanjakan, turunan curam, dan adanya pasar tumpah. Keadaan tersebut bisa menyebabkan penumpukan kendaraan jika terjadi kepadatan arus lalin dari arah Bandung menuju timur.

Baca Juga: Cobain Ini di Rumah! Tips Membuat Ketupat Lebaran Anti Lembek, Tidak Cepat Basi dan Tetap Lembut

Tiga titik kemacetan

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk memecah kemacetan dan kepadatan lalin di jalur mudik bagian selatan.

Koordinasi antar ketiga Polres, ujar Ibrahim, sangat diperlukan guna memecah kemacetan dan kepadatan lalin di tiga titik itu.

"Ada koordinasi antara Kabupaten Bandung, Garut dan Tasik Kota, sehingga dilakukan penutupan sepenggal," kata Ibrahim dalam 'Diskusi Gaspol Edisi Spesial Mudik 2023 Aman, Hati Senang Bertemu Orang Tersayang' PWI Pokja Gedung Sate, di Bandung, Senin, 17 April 2023.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x