Menghadapi Tantangan Artificial Intelligence Atau AI

- 7 Mei 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi teknologi Arificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.
Ilustrasi teknologi Arificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. /// Freepik/ rawpixel.com

GALAMEDIANEWS - Teknologi digital telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita. Kita menggunakan teknologi digital untuk melakukan tugas sehari-hari, menghubungi orang lain, dan memperoleh informasi.

Namun, teknologi digital juga memiliki tantangan besar yang dapat mempengaruhi kemajuan bangsa di masa depan.

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah salah satu penerapan teknologi yang sedang berkembang di era digital saat ini. AI telah digunakan dalam berbagai bidang, seperti otomotif, kesehatan, dan bisnis. Namun, perkembangan teknologi AI juga membawa tantangan bagi bangsa dan negara.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Pertandingan Timnas Indonesia vs Timor Leste Hari Ini Pukul 16.00 WIB

Salah satu tantangan utama AI adalah hilangnya lapangan kerja yang biasa dilakukan oleh manusia. Dalam beberapa tahun terakhir, AI telah menggantikan pekerjaan-pekerjaan rutin dan sederhana yang dulunya dilakukan oleh manusia.

Hal ini menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaannya dan memicu masalah sosial dan ekonomi. Selain masalah ekonomi, penggunaan AI juga menimbulkan tantangan etika.
Sebagai teknologi yang dapat mengambil keputusan sendiri, AI harus diprogram dengan nilai-nilai moral yang benar. Namun, hal ini tidak selalu mudah dilakukan.

Begitu pula dalam hal keamanan data juga menjadi salah satu tantangan AI. Dalam beberapa kasus, mesin AI dapat disusupi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan digunakan untuk melakukan tindakan kriminal, seperti pencurian data atau pelanggaran privasi.

Baca Juga: 13 SMA Swasta Terbaik di Depok Jawa Barat Berdasarkan Nilai Tertinggi UTBK, Rekomendasi untuk PPDB 2023

Selain itu, AI juga dapat digunakan sebagai senjata dalam perang siber. Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dapat menggunakan AI untuk meretas sistem keamanan dan mencuri data penting dari suatu negara atau organisasi.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x