Presiden Jokowi Menyerukan Negara-Negara ASEAN Tindak Tegas Terhadap Pelaku Perdagangan Manusia

- 11 Mei 2023, 19:37 WIB
Presiden Jokowi menyerukan untuk lakukan tindakan tegas terhadap pelaku perdagangan manusia/setkab
Presiden Jokowi menyerukan untuk lakukan tindakan tegas terhadap pelaku perdagangan manusia/setkab /

GALAMEDIANEWS - Presiden Jokowi telah menyerukan kepada negara-negara di ASEAN untuk mengambil tindakan tegas terhadap para pelaku perdagangan manusia.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa perlindungan pekerja migran dan korban perdagangan manusia juga akan menjadi isu penting bagi para pemimpin dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan. KTT ASEAN di Labuan Bajo, Mangarai Barat, Nusa Tenggara Timur, 10-11 Mei 2023.

"Hal yang menyentuh kepentingan rakyat menjadi perhatian penting para Leaders, termasuk perlindungan pekerja migran dan korban perdagangan manusia. Saya mengajak negara ASEAN untuk menindak tegas pelaku-pelaku utamanya," kata Jokowi dalam keterangan pers penutup rangkaian KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Kamis, 11 Mei 2023

Baca Juga: 5 SMA Terbaik di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur Berdasarkan Nilai UTBK, Rekomendasi Sekolah untuk PPDB 2023

Seperti diketahui, dalam KTT ASEAN ke-42 ini, para pemimpin ASEAN menyiapkan setidaknya tiga dokumen terkait buruh migran dan perdagangan manusia.

Pertama adalah Deklarasi tentang Pemberantasan Perdagangan Orang melalui Penyalahgunaan Teknologi, kedua adalah Deklarasi tentang Status dan Perlindungan Nelayan Migran, dan ketiga adalah Deklarasi tentang Perlindungan Pekerja Migran dan Keluarganya dalam Situasi Krisis

Isu perdagangan manusia telah diangkat oleh pemerintah Indonesia, kata Presiden Jokowi pada hari Senin, 8 Mei 2023 di Labuan Bajo menjelang KTT ASEAN ke-42. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x