Pemkot Madiun Akan Bangun Dua Kampung Tematik Baru dengan Sistem Swakelola, Ini Tujuannya

- 12 Mei 2023, 21:08 WIB
Salah satu titik kampung tematik Kota Madiun, Jawa Timur.
Salah satu titik kampung tematik Kota Madiun, Jawa Timur. / disperkim.madiunkota.go.id/

GALAMEDIANEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun Jawa Timur merencanakan pembangunan dua kampung tematik baru pada tahun ini. Tujuannya untuk mereduksi kawasan kumuh di Kota Madiun.

Kepala Bidang Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Budi Agung Wicaksono mengatakan rencananya dua kampung tematik itu akan dibangun di Kelurahan Kanigoro dan Kelurahan Sogaten dengan anggaran masing-masing titik sebesar Rp300 juta.

"Dua kampung tematik itu rencana dibangun di Kelurahan Kanigoro dan Sogaten masing-masing titik Rp300 juta. Saat ini prosesnya sudah masuk tahap perencanaan," kata Agung dikutip Galamedianews.com dari Antara pada Jumat, 12 Mei 2023.

Baca Juga: Lord Atep Eks Persib Bidik Kursi DPRD Jabar, Didaftarkan PAN Sebagai Bacaleg

Menurut Agung, selain untuk mereduksi kawasan kumuh, pembangunan kampung tematik tersebut juga bertujuan untuk mengamankan aset pemkot.

Selain itu, menurutnya terdapat sejumlah tujuan lain dengan dibangunnya kampung tematik tersebut. Di antaranya, pemenuhan dan peningkatan sarana-prasarana lingkungan, serta untuk pertumbuhan dan peningkatan potensi ekonomi lokal.

Adapun sistem pembangunannya dilakukan dengan sistem swakelola yang mana akan diserahkan kepada masyarakat melalui kelompok masyarakat (pokmas). Hal ini guna meningkatkan partisipasi masyarakat setempat agar fungsi kampung tematik ke depannya lebih optimal. Mengingat keberadaannya juga untuk masyarakat setempat.

"Pokmas dinilai yang lebih memahami konsep kampung tematik sesuai karakteristik wilayah mereka masing-masing. Mereka juga yang nanti bertanggung jawab menjaga dan merawatnya," ujar Agung.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x