Murid SDN 106 Ajitunggal Bandung Tampil Bagus Dalam Acara Sosialisasi Mulok Angklung

- 25 Juni 2023, 11:58 WIB
Tim angklung SDN 106 Ajitunggal
Tim angklung SDN 106 Ajitunggal /Rossy Malinda (dokumentasi pribadi)/

GALAMEDIANEWS – Para siswa-siswi SDN 106 Ajitunggal, Kota Bandung terpilih untuk tampil dalam acara sosialisasi buku panduan  pembelajaran angklung yang akan menjadi bagian dari kurikulum muatan lokal (mulok) pada tingkat sekolah dasar. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung pada Kamis, 22 Juni 2023 di hotel Grand Pasundan dan mengundang kurang lebih 500 Kepala Sekolah SD negeri dan swasta di Kota Bandung.

Diwawancarai tim Galamedianews melalui aplikasi Whatsapp pada Sabtu, 24 Juni 2023, Rani Nurdianti selaku koordinator tim angklung SDN 106 sekaligus mewakili jawaban dari Mahfud selaku pembimbing, mengatakan bahwa SDN 106 Ajitunggal merupakan bentuk representasi dari mata pelajaran angklung yang akan dijadikan mulok pada tahun ajaran baru dan menjadi contoh bahwa mata pelajaran angklung dapat diaplikasikan di jenjang sekolah dasar pada kelas rendah hingga kelas tinggi.

Dapat tampil dalam acara sosialisasi mulok angklung inipun tidak mudah, Rani Nurdianti bercerita kalau SDN 106 terpilih menjadi percontohan dari SD di Bandung setelah melalui tahap seleksi yang diadakan panitia dan DInas Pendidikan Kota Bandung yang akhirnya hanya terpilih dua sekolah yaitu SDN 106 Ajitunggal (untuk percontohan mata pelajaran angklung di kelas rendah) dan SDN 261 Margahayu (untuk percontohan di kelas tinggi).

Tim angklung SDN 106 sendiri mempertunjukan parade musik angklung yang menakjubkan, SDN 106 menampilkan dua buah lagu yaitu lagu daerah berjudul “Cingcangkeling” dan lagu dari Yura Yunita berjudul “Bandung”. Kedua lagu yang ditampilkan dirancang khusus agar mudah dimainkan oleh anak-anak kelas rendah.

Hal unik yang ditampilkan oleh tim angklung SDN 106 dalam acara ini adalah, para murid berhasil mengkolaborasikan angklung yang merupakan alat musik tradisional dengan alat musik modern. Tim angklung SDN 106 dalam penampilannya juga menunjukan bahwa angklung bisa dimainkan di berbagai genre musik serta menjadi pengiring vokal.

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x