Satu Juta Lebih Jamaah Haji Telah Tiba di Arab Saudi

- 26 Juni 2023, 09:36 WIB
Jutaan umat muslim menuju Masjidil Haram, Makkah, melaksanakan ibadah haji sebagai pelengkap rukun Islam yang terakhir
Jutaan umat muslim menuju Masjidil Haram, Makkah, melaksanakan ibadah haji sebagai pelengkap rukun Islam yang terakhir /Antara/

 
GALAMEDIANEWS - Sebanyak 1.655.188 orang telah tiba di Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji. Data tersebut dikemukakan oleh Direktorat Jenderal Paspor Arab Saudi dari pencatatan hingga Sabtu 24 Juni 2023.
 
Dari jumlah tersebut, beberapa diantaranya adalah penerima manfaat Inisiatif Rute Makkah. Yakni sejumlah 242.272 orang yang tiba dengan pesawat, 60.768 melalui jalan darat, dan 6.830 orang melalui jalur laut. 
 
Upaya maksimal telah dikerahkan Direktorat Jenderal Paspor Arab Saudi untuk memfasilitasi prosedur masuknya jemaah haji.
 
Upaya tersebut meliputi penyediaan pos-pos pemeriksaan paspor di semua perlintasan perbatasan dengan perangkat teknologi terbaru.
 
 
 
Untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada calon jemaah haji, Direktorat Jenderal Paspor juga telah menempatkan beberapa personel dengan kemampuan berkomunikasi dalam berbagai bahasa untuk membantu proses mekanisme masuknya jemaah haji.
 
Kepala Pusat Layanan Informasi pada Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, Mansour Abdullah Al-Tuairqy, menyatakan lembaganya siap melayani kebutuhan informasi seputar layanan haji bagi para jemaah haji.
 
Layanan ini meliputi informasi mengenai tempat-tempat bersejarah, pos polisi, rumah sakit, transportasi, dan panduan umrah, yang diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, seperti Inggris, Prancis, Urdu, Indonesia, Turki, Hausa dan China. 
 
 
 
Mansour Abdullah Al-Tuairqy mengungkapkan bahwa jemaah haji dapat memanfaatkan layanan tersebut dengan memindai kode QR/barcode pada ponsel.***
 
 
 
 

Editor: Lina Lutan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x