Perayaan Industri Kreatif Tanah Papua Dalam Papua Street Carnival 2023

- 4 Juli 2023, 11:21 WIB
Papua Street Carnival 2023 yang akan digelar 7 Juli 2023 mengangkat tema Papua Extravaganza (The East Great Spirit) 
Papua Street Carnival 2023 yang akan digelar 7 Juli 2023 mengangkat tema Papua Extravaganza (The East Great Spirit)  /kemenparekraf.go.id/

 GALAMEDIANEWS - Gelaran Papua Street Carnival yang akan dilaksanakan pada 7 Juli 2023 di Papua, mendapat dukungan penuh dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang menjadi ajang perayaan bagi pelaku ekonomi kreatif di seluruh wilayah Papua.
 
Dalam acara “The Weekly Brief With Sandy Uno” di Jakarta, Senin 3 Juli 2023, Menparekraf mengatakan Papua Street Carnival merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Papua Youth Creative Hub di Jayapura pada 21 Maret 2023 lalu.
 
“Melihat potensi ekonomi kreatif yang luar biasa di Tanah Papua, akhirnya arahan Presiden Jokowi akan terealisasi berkat kerja sama dan kolaborasi dengan Papua Youth Creative Hub yang merupakan binaan dari Badan Intelijen Negara (BIN),” ujar Sandiaga Uno.
 
Papua Street Carnival 2023 hadir dengan tema “Papua Extravaganza (The East Great Spirit)”, yang menampilkan pertunjukan parade ratusan busana karnaval, menghadirkan ribuan pengisi acara, pameran ratusan UMKM kreatif Papua, pertunjukan ratusan perahu hias, serta melibatkan ribuan pelaku ekonomi kreatif.
 
 
 
“Nantinya bisa menjadi agenda event tahunan dan bisa seperti Rio Street Carnival di Brazil, atau Mardi Gras Festival di Amerika. Kalau di Indonesia mungkin mirip saudaranya yang ada di Jawa Timur, yaitu Jember Fashion Carnaval,” jelas Sandiaga.
 
Lanjut Sandiaga, kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif dari komunitas Papua Youth Creative Hub, seniman, perajin, pelaku industri kreatif Papua. Papua Street Carnival 2023 juga akan menampilkan pameran produk-produk kreatif lokal yang merupakan hasil dari keahlian dan kreativitas warga Papua.
 
Lebih dari itu, Papua Street Carnival 2023 ini diharapkan dapar membuka peluang investasi di bidang ekonomi kreatif sehingga mampu memberi dampak positif bagi ekonomi lokal, serta menjadi ajang promosi yang efektif untuk memajukan sektor pariwisata di Bumi Cenderawasih.
 
 
 
“Kami berharap, Papua menunjukkan pada wilayah lain dan dunia, bahwa Papua adalah tempat dengan sejuta potensi dan harta berharga. Dapat menjadi pengungkit pariwisata dan geliat ekonomi kreatif di Indonesia, menerbitkan banyak seniman-seniman lokal yang berbakat, serta membawa nama baik Indonesia di nasional maupun internasional,” pungkas Menparekraf.***

Editor: Lina Lutan

Sumber: kemenparekraf.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x