Tol Getaci Segera Dibangun! Bandung - Cilacap Ditempuh Kurang dari 4 Jam, 16 Desa di Cilacap Terdampak

- 9 Juli 2023, 06:45 WIB
Ilustrasi Tol Getaci segera dibangun dan beberapa rute yang dilewati./Pexels @Mhtoori Com
Ilustrasi Tol Getaci segera dibangun dan beberapa rute yang dilewati./Pexels @Mhtoori Com /

GALAMEDIANEWS - Tol Getaci (Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap) bakal segera dibangun dalam waktu dekat. Disinyalir menjadi jalan tol terpanjang, jalan bebas hambatan ini menghubungkan Provinsi Jawa Barat dengan Provinsi Jawa Tengah.

Tol Getaci (Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap) ini memiliki rute dari Gedebage, melalui Kabupaten Bandung, Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran, dan nantinya akan berakhir di Cilacap.

Pembangunan Tol Getaci (Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap) ini nantinya akan dibagi menjadi dua tahap yang mana untuk tahap pertama meliputi 2 seksi untuk seksi 1 sampai seksi 2 yang akan dimulai dari junction Gedebage hingga Simpang Susun (SS) (SS) Tasikmalaya dengan panjang 94,99 Km.

Baca Juga: Mengerikan! Begini Detik-detik Wajah Elias Dolah Terkena Tendangan 'Kungfu' di Laga Borneo FC vs Bali United

Tahap pertama pembangunan Tol Getaci (Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap) rencananya mulai dibangun pada akhir 2022 lalu dan saat ini masuk pada tahap pembebasan lahan yang mana proses ini telah sampai di Kabupaten Garut dan direncanakan akan rampung pada 2024 kelak.

Sementara itu untuk tahap kedua juga akan meliputi 2 seksi, yaitu seksi 3 dan seksi 4 yang akan dimulai dari Simpang Susun (SS) (SS) Tasikmalaya hingga Simpang Susun (SS) (SS) Cilacap yang rencananya baru akan mulai digarap pada tahun 2027 dan direncanakan rampung pada tahun 2029 kelak.

Desa di Cilacap yang Terdampak Pembangunan Tol Getaci

Tol Getaci nantinya akan memiliki rute sepanjang 206,65 Km, dengan rute Tol Getaci terpanjang berada di Jawa Barat dengan rute mencapai 171,40 kilometer dan Jawa Tengah 35,25 kilometer.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Bekasi untuk Bersantai di Akhir Pekan

Pasalnya mega proyek ini dianggarkan akan menghabiskan dana yang tidak sedikit, yaitu mencapai Rp56 triliun, dengan masa konsesi selama 40 tahun. Akan tetapi meski demikian, pembangunan jalan bebas hambatan ini disinyalir akan sangat mempermudah masyarakat lantaran bisa mempercepat perjalanan.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: djkn.kemenkeu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x