Rincian Seksi Tol Getaci yang Memiliki Rute terpanjang, Menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah

- 7 Juli 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi Tol Getaci dan beberapa rute yang dilewati./Pexels @Kenny
Ilustrasi Tol Getaci dan beberapa rute yang dilewati./Pexels @Kenny /

GALAMEDIANEWS – Pembangunan Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) saat ini sedang menjadi sorotan publik. Pasalnya jalan tol yang menghubungkan dua provinsi, Jawa Barat dan Jawa Tengah ini akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia saat ini.

Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) memiliki panjang rute keseluruhan sejauh 206,65 kilometer yang mana rute ini dimulai dari Gedebage Kota Bandung, yang selanjutnya diteruskan menuju Kabupaten Bandung, Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran, dan akan berakhir di Cilacap Jawa Tengah.

Baca Juga: LINK NONTON LIVE STREAMING Arema FC vs Persib Tinggal Klik Saja

Baca Juga: LINK NONTON LIVE STREAMING Arema FC vs Persib Malam Ini Pukul 19.00 WIB

Adapun untuk pembangunan Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) untuk tahap pertama, yaitu untuk seksi 1 sampai seksi 2 dari junction Gedebage hingga Simpang Susun Tasikmalaya dengan panjang 94,99 Km telah dimulai sejak akhir 2022 lalu dan sampai saat ini telah masuk pada tahap pembebasan lahan yang telah sampai di Kabupaten Garut dan direncanakan akan rampung pada 2024 kelak.

Sementara itu untuk tahap kedua, yaitu untuk seksi 3 dan seksi 4 yang dimulai dari Simpang Susn Tasikmalaya hingga Simpang Susun Cilacap dengan panjang 112,43 Km dijadwalkan akan mulai digarap pada tahun 2027 dan juga direncanakan akan rampung pada tahun 2029 kelak.

Pembangunan Tol Getaci dengan panjang 206,65 Km ini menghabiskan dana yang tidak sedikit, yaitu membutuhkan dana anggaran sebesar Rp56 triliun, dengan masa konsesi selama 40 tahun.

Rute Tol Getaci Seksi 1 Hingga Seksi 4

Tol Getaci ini nantinya akan memiliki 10 simpang susun dengan 2 jalur dan masing-masing terdiri dari 2 lajur sehingga mampu memberikan akses yang lebih baik dan menjadikan lalu lintas menjadi lebih lancar dan lebih nyaman bagi para pengguna jalan.

Baca Juga: Empat Kunci Penjualan Strategis Untuk Tingkatkan Profit Perusahaan

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: djkn.kemenkeu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x