Akhirnya Tol Cisumdawu Diresmikan Jokowi Setelah 12 Tahun, Berikut Hal Menarik yang Perlu Diketahui

- 12 Juli 2023, 20:52 WIB
lustrasi Tol Cisumdawu yang telah diresmikan Jokowi pada Selasa, 11 Juni 2023. / Pexels @Katelin Post
lustrasi Tol Cisumdawu yang telah diresmikan Jokowi pada Selasa, 11 Juni 2023. / Pexels @Katelin Post /

GALAMEDIANEWS - Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 11 Juli 2023 setelah penantian panjang selama 12 tahun, yaitu selama pembangunan jalan tol pada tahun 2011.

Tol Cisumdawu ini memiliki panjang rute sejauh 61,6 Km dari Cileunyi-Sumedang-Dawuan yang dibagi ke dalam 6 seksi yang mana seksi 1 hingga seksi 3 telah beroperasi pada tahun 2022 lalu. Sementara untuk seksi 4 hingga seksi 6 baru saja selesai d1an akan dibuka penuh setelah dilakukan peresmian oleh Jokowi pada Selasa, 11 Juli 2023 kemarin.

Adapun untuk rincian rute setiap seksi dari Tol Cisumdawu meliputi Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan (11,4 Km) yang telah beroperasi sejak Januari 2022 dan disusul oleh Seksi 2 Pamulihan - Sumedang (17 Km), dan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka (4 Km) yang beroperasi pada Desember 2022 untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas pada masa libur Nataru.

Baca Juga: Kunjungi NuArt Sculpture Park, Jokowi Tinjau Pembuatan Ikon Istana Kepresidenan IKN

Kemudian menyusul 3 Seksi lainnya dari Tol Cisumdawu meliputi Seksi 4 hingga seksi 6 telah baru saja selesai dan siap dioperasikan setelah diresmikan Presiden Jokowi, yakni meliputi Seksi 4 dengan rute Cimalaka - Legok (8,2 Km), Seksi 5 dengan rute Legok - Ujung Jaya (14,9 Km), dan Seksi 6 dengan rute Ujung Jaya - Dawuan (6,1 Km).

Sebagaimana dilansir GalamediaNews dari pu.go.id dijelaskan bahwasanya dalam pembangunannya sendiri, untuk Seksi 1 dan 2 digarap oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol. Sementara untuk Seksi 3 - 6 digarap oleh Badan Usaha Jalan Tol PT Citra Karya Jabar Tol.

Dalam acara peresmian Tol Cisumdawu yang dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi ini turut dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Hal Menarik Tentang Tol Cisumdawu

Berikut beberapa fakta menarik Tol Cisumdawu yang telah resmi dibuka untuk umum setelah peresmian oleh Joko Widodo pada Selasa, 11 Juli 2023 lalu.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: pu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x