Kunjungi NuArt Sculpture Park, Jokowi Tinjau Pembuatan Ikon Istana Kepresidenan IKN

- 12 Juli 2023, 20:50 WIB
Jokowi tinjau langsung pembuatan ikon Istana kepresidenan IKN di NuArt Sculpture Park Bandung. / Instagram @jokowi
Jokowi tinjau langsung pembuatan ikon Istana kepresidenan IKN di NuArt Sculpture Park Bandung. / Instagram @jokowi /

GALAMEDIANEWS - Melengkapi kunjungannya ke Bandung, Jokowi meninjau langsung pembuatan ikon burung Garuda Istana Kepresidenan Ibu Kota Nusantara (IKN) di NuArt Sculpture Park, Setra Duta, kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat hari ini, Rabu, 12 Juli 2023.

Desain Istana Kepresidenan IKN yang digagas oleh PT Siluet Nyoman Nuarta, sedang dikerjakan oleh puluhan tenaga ahli. Detail Istana Kepresidenan IKN ini menyerupai sayap burung Garuda raksasa, terbuat dari lempengan-lempengan kuningan yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan siluet sayap burung Garuda raksasa yang megah dan perkasa, apabila sudah terpasang nanti.

Di workshop NuArt Sculpture Park, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur jawa Barat Ridwan Kamil, melihat langsung proses pembuatan bilah-bilah sayap Garuda yang berbahan dasar kuningan, untuk ditempatkan pada bangunan Istana Kepresidenan Ibu Kota Nusantara.

Baca Juga: Memulihkan Citra Indonesia di Kancah Internasional

I Nyoman Nuarta, seniman dibalik pembuatan desain istana IKN  ini menjelaskan beberapa tahap pengerjaan yang sudah dilakukan dan sebagian besar masih dalam proses penyelesaian. Pengerjaan ikon burung Garuda pada istana Kepresidenan ini ditargetkan selesai dalam waktu satu tahun. Dengan target terdekat di bulan Agustus 2023, diharapkan sudah selesai lebih dari 50 persennya.

Panjang dari bangunan istana dengan bentuk burung Garuda raksasa yang sedang merentangkan sayapnya itu adalah 230 meter dengan tinggi 90 meter. Terlihat pada youtube @SekretariatPresiden, bilah-bilah kuningan dengan jumlah ribuan sedang dalam pengerjaan las dan konstruksi lain oleh para pekerja ahli di NuArt Sculpture Park, Bandung.  

“Saya datang ke pabriknya Nyoman Nuarta, untuk memastikan bahwa pembangunan IKN, utamanya Istana Kepresidenan, berjalan dengan waktu” ujar Jokowi memberikan keterangan kepada awak media.

Presiden juga mengatakan, menurut pengamatannya selama berkeliling di area workshop dan meninjau langsung, proses pengelasan laser untuk kuningan, pewarnaan dan lain-lain berjalan dengan baik. Ini penting dilakukan agar sesuai dengan kondisi di lapangan.

Baca Juga: TANGGAL RILIS Loki Season 2, Pemeran, Plot, dan Kabar Lainnya

Halaman:

Editor: Ryan Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x