Evakuasi Kecelakaan KA Brantas, Jalur Rel Sudah Bisa Dilintasi

- 19 Juli 2023, 12:05 WIB
Rangkaian kereta barang melintasi jalur rel yang menjadi tempat kejadian kecelakaan KA Brantas dengan truk tronton Selasa 18 Juli 2023
Rangkaian kereta barang melintasi jalur rel yang menjadi tempat kejadian kecelakaan KA Brantas dengan truk tronton Selasa 18 Juli 2023 /antaranews.com/

 

GALAMEDIANEWS - Pihak KAI segera melakukan evakuasi di jalur rel lokasi kecelakaan KA Brantas yang menabrak truk trailer di Jalan Madukoro Kota Semarang, Selasa malam 18 Juli 2023.
 
Lokomotif dan kepala truk tronton yang tersangkut di jembatan perlintasan KA yang berada di atas sungai Banjir Kanal Barat Semarang, berhasil dievakuasi pada Rabu 19 Juli 2023 dinihari.
 
"Evakuasi lokomotif selesai pukul 04 28 WIB, jalu bisa dilalui namun dengan kecepatan terbatas," ungkap Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko.
 
Ixfan menjelaskan, pascakecelakaan KA Brantas, jalur rel dilewati rangkaian KA Gumarang tujuan Jakarta-Surabaya dengan kecepatan terbatas, 5 km per jam.
 
 
Dirinya mengungkapkan usai proses evakuasi, dua jalur KA di lokasi kecelakaan kini sudah dapat dilintasi kereta.
 
"Satu jalur sudah bisa dilalui dengan kecepatan normal, untuk jalur yang terjadi temperan bisa dilalui dengan kecepatan terbatas," bebernya.
 
Ixfan menambahkan, PT KAI berusaha secepatnya memulihkan jalur agar jadwal perjalanan KA dapat kembali normal.
 
Meski kedua jalur tersebut sudah bisa dilalui, namun masih terdapat sejumlah jadwal perjalanan KA yang terdampak akibat peristiwa kecelakaan tersebut.
 
 
Beberapa perjalanan kereta yang masih terdampak antara lain KA Pandalungan, KA Harina, KA Argo Muria, serta KA Gumarang. KA Gumarang mengalami keterlambatan perjalanan yang terlama akibat kejadian tersebut hingga mencapai 146 menit.
 
Lanjut Ixfan, PT KAI telah memberi kompensasi kepada para penumpang yang jadwal perjalanannya terdampak. Kompensasi tersebut berupa pemberian makanan berat serta minuman bagi penumpang.
 
Diketahui sebelumnya, pada tabrakan KA Brantas dengan sebuah truk di perlintasan sebidang Jalan Madukoro Kota Semarang, Selasa malam 18 Juli 2023, mengakibatkan ledakan yang cukup hebat. Bagian kepala dan gandengan truk terjepit di mulut jembatan rel di atas sungai Banjir Kanal Barat Semarang.
 
 
Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Namun, satu penumpang KA Brantas dilaporkan terluka akibat berusaha melompat saat terjadinya tabrakan.***

Editor: Lina Lutan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x