BANYAK JALAN RUSAK, Pemerintah Anggarkan Rp15 Triliun di Tahun 2024

- 26 Juli 2023, 22:00 WIB
Ilustrasi Jalan Rusak. /Freepik.com @anupan001
Ilustrasi Jalan Rusak. /Freepik.com @anupan001 /

 

GALAMEDIANEWS - Sejumlah ruas jalan di daerah cenderung mengalami kerusakan akibat tak kunjung diperbaiki. Kondisi itu terjadi karena di masa covid-19, anggaran perbaikan jalan dialihkan untuk penanganan pandemi.

Akibatnya hingga saat ini banyak jalan yang tak tersentuh perbikan oleh pemerintah hingga dikeluhkan masyarakat.

Terkait hal itu, pemerintah pusat telah menyiapkan anggaran sebesar Rp15 triliun untuk perbaikan jalan daerah pada 2024.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono seperti dilaporkan Antara, Rabu, 26 Juli 2023.

”Tahun depan Bu Menkeu (Sri Mulyani Indrawati) siapkan Rp15 triliun untuk Inpres (Instruksi Presiden) terkait jalan daerah di luar ini (Anggaran Kementerian PUPR). Itu ada di Bendahara Umum Negara, jadi kalau saya butuh, saya minta ke sana, bukan di DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) PUPR," kata Basuki.

Baca Juga: Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi Terima Suap Rp88,3 Miliar, Ditahan Bersama 4 Tersangka Lain

Ia mengatakan, jumlah anggaran perbaikan jalan itu tak jauh berbeda dengan pagu anggaran untuk program yang sama pada 2023 sebesar Rp14,6 triliun.

Mengenai realisasi anggaran perbaikan jalan daerah tahun ini Rp14,6 triliun, ia mengatakan, sebesar Rp7,4 triliun di antaranya sudah mulai digunakan untuk perbaikan jalan di berbagai daerah.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x