Supermoon 1 Agustus 2023, Bulan Terbesar dan Terang Tahun Ini

- 31 Juli 2023, 16:35 WIB
Ilustrasi supermoon./Pixabay @sergei_spas
Ilustrasi supermoon./Pixabay @sergei_spas /

GALAMEDIANEWS - Sedang ramai menjadi pembicaraan bahwa Supermoon Agustus 2023 akan menjadi bulan purnama terbesar dan paling terang tahun ini.

Bulan akan berada di titik terdekatnya dengan Bumi, sehingga akan terlihat sekitar 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari biasanya. Supermoon ini akan terjadi pada tanggal 1 Agustus 2023, pukul 14.32 WIB.

Supermoon Agustus 2023 adalah peristiwa astronomi yang menarik untuk dilihat. Bulan akan terlihat lebih besar dan lebih terang dari biasanya, karena berada di titik terdekatnya dengan Bumi.

Baca Juga: Jabar Komitmen Maksimalkan Serapan Tenaga Kerja Lokal dengan Memperkuat SDM

Peristiwa ini terjadi karena orbit Bulan tidak berbentuk lingkaran sempurna, melainkan elips. Saat Bulan berada di titik terdekatnya dengan Bumi, yang disebut perigee, maka Bulan akan terlihat lebih besar dan lebih terang dari biasanya.

Supermoon Agustus 2023 akan terlihat di seluruh dunia. Namun, waktu terbaik untuk melihatnya adalah saat Bulan sedang terbit atau terbenam. Saat itu, Bulan akan berada di langit yang gelap, sehingga akan terlihat lebih jelas.

Jika Anda ingin melihat Supermoon Agustus 2023, Anda tidak perlu peralatan khusus. Anda hanya perlu menemukan tempat yang gelap dan langit yang cerah.

Anda dapat melihat Supermoon dengan mata telanjang, atau dengan menggunakan teropong atau teleskop agar bisa merasakan fenomena dengan lebih sempurna.

Baca Juga: Nonton Yumemiru Danshi wa Genjitsushugisha Episode 5 Sub Indo RESMI SUMMER Bukan dari Otakudesu atau Anoboy

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: BRIN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x