Perawatan 3 Bulan, Rumah Pelita Berhasil Sembuhkan Anak Stunting

- 26 Juli 2023, 14:46 WIB
Aktivitas pemberian asupan makanan bergizi pada bayi stunting di Daycare Rumah Pelita Kota Semarang.
Aktivitas pemberian asupan makanan bergizi pada bayi stunting di Daycare Rumah Pelita Kota Semarang. /Pemkot Semarang/

GALAMEDIANEWS - Rumah Penanganan Stunting Lintas Sektor bagi Baduta atau Rumah Pelita, diinisiasi oleh Pemerintah Kota Semarang sebagai salah satu upaya menangani masalah stunting.

Unit pelayanan kesehatan pada ibu dan anak ini telah diresmikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga, Februari 2023 lalu.

Berlokasi di wilayah Kecamatan Semarang Barat, Rumah Pelita difokuskan menangani stunting di lingkungan terdekatnya.

Salah satu keunggulan layanan kesehatan di sini yakni tersedianya layanan daycare atau pengasuhan anak, terutama pada pemberian asupan makanan bergizi yang penting mencegah tubuh anak kekurangan nutrisi.

Layanan daycare Rumah Pelita menyasar para ibu yang bekerja dan tidak ada yang mengasuh anaknya. Peran layanan pengasuhan ini, membantu orang tua dalam melaksanakan peran pengawasan kesehatan pada anak agar terhindar resiko stunting.

Selain pemberian asupan gizi, kegiatan pengasuhan anak juga diisi dengan kelas PAUD, kelas tumbuh kembang hingga pemeriksaan kesehatan anak.

Kegiatan daycare Rumah Pelita dilaksanakan Senin hingga Jumat mulai pukul 7.00 WIB, ketika para orang tua mengantarkan anak-anaknya dalam kondisi sudah mandi pagi dan belum makan.

Anak-anak lalu diberikan makanan yang bergizi serta ditambah pemberian susu. Setelah itu, orang tua akan menjemput kembali anaknya pada pukul 15.30 WIB. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ditekankan di layanan ini, sebagai upaya menekan resiko stunting pada anak.

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x