Empat Lokus di Belitung Timur Fokus Pemkab Percepat Penanganan Stunting

- 2 Agustus 2023, 19:12 WIB
Percepatan penanganan stunting di Kabupaten Belitung Timur difokuskan pada 4 lokus (lokasi khusus) dengan pola intervensi spesifik dan intervensi sensitif
Percepatan penanganan stunting di Kabupaten Belitung Timur difokuskan pada 4 lokus (lokasi khusus) dengan pola intervensi spesifik dan intervensi sensitif /Antara/



GALAMEDIANEWS - Dikatakan oleh Bupati Belitung Timur Burhanuddin pada Rabu 2 Agustus 2023, bahwa Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menetapkan empat desa sebagai lokasi khusus (lokus) untuk percepatan penanganan kasus stunting.

Burhanuddin mengungkapkan, keempat desa lokus tersebut ialah Desa Kelubi, Desa Padang, Desa Kurnia Jaya dan Desa Baru. Bupati Belitung Timur menjelaskan akan menerapkan beberapa intervensi di lokasi khusus tersebut.

"Empat desa tersebut menjadi titik penanganan dengan pola intervensi spesifik dan intervensi sensitif," papar Bupati.

Keempat desa yang berada di wilayah Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur itu, lanjut Bupati, akan diintensifkan langkah-langkah pencegahan stunting.

Baca Juga: Kiprah Para Bidan dalam Upaya Pencegahan Stunting

"Keempat desa itu berada di wilayah Kecamatan Manggar yang menjadi sasaran langsung dalam mengatasi penyebab terjadinya stunting dan diberikan asupan makanan, pencegahan infeksi, status gizi ibu dan pemantauan tumbuh kembang anak," jelas Bupati.

Senada dengan Bupati Belitung Timur, Camat Manggar Herri Susanto mengatakan, pihaknya berkomitmen dalam mengatasi permasalahan stunting dengan menyusun berbagai program yang akan dilaksanakan. Herri juga mengapresiasi kegiatan rembuk stunting di Kecamatan Manggar, memprioritaskan percepatan penurunan kasus balita gizi buruk.

Herri mengatakan kegiatan tersebut sangat penting untuk meningkatkan koordinasi, bersinergi dan sinkronisasi dengan pelaksana upaya percepatan penurunan stunting di Kecamatan Manggar.

“Apa yang jadi kesepakatan dan dilakukan di tingkat desa, kita bahas bersama dalam forum ini sehingga ada kesepakatan terkait intervensi stunting di desa," ujar Herri.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x