Sejarah dan Peristiwa Penting Perkembangan Teknologi (Part 5)

- 4 Agustus 2023, 20:51 WIB
Teknologi baru seperti kecerdasan buatan, robotika, dan pengeditan gen berdampak besar pada kehidupan kita, dan sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan
Teknologi baru seperti kecerdasan buatan, robotika, dan pengeditan gen berdampak besar pada kehidupan kita, dan sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan /freepik /

GALAMEDIANEWS - Pada abad ke-21, teknologi terus  mengubah dunia dengan kecepatan yang semakin cepat. Teknologi baru seperti kecerdasan buatan, robotika, dan pengeditan gen berdampak besar pada kehidupan kita, dan sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Namun, satu hal yang pasti: teknologi akan tetap ada, dan akan terus membentuk dunia kita dengan cara yang hanya bisa kita bayangkan. Dan berikut merupakan part terakhir dari Sejarah dan peristiwa penting perkembangan teknologi.

  1. 1942 Ditemukan Tenaga Nuklir

Sebagai bagian dari Proyek Manhattan untuk membangun bom atom pertama, reaksi nuklir perlu dipahami secara mendetail. Di bawah tribun sepak bola di Universitas Chicago pada tanggal 2 Desember, Enrico Fermi yang memimpin tim fisikawan menggunakan uranium untuk menghasilkan reaksi berantai mandiri yang pertama.

Baca Juga: Sejarah dan Peristiwa Penting Perkembangan Teknologi (Part 4)

  1. 1947 Ditemukan Transistor 

Insinyur Bell Labs John Bardeen, Walter Brattain, dan William Shockey pada tanggal 23 Desember memberikan demonstrasi public pertama dari resistor, sebuah komponen listrik yang dapat mengontrol, memperkuat, dan menghasilkan arus. Transistor menggunakan daya lebih sedikit dan mempunyai ukuran jauh lebih kecil daripada tabung vakum dan berhasil mengantarkan era perangkat elektronik kecil yang murah.

  1. 1957 Ditemukan Penerbangan Luar Angkasa

Baca Juga: Sejarah dan Peristiwa Penting Perkembangan Teknologi (Part 3)

Pada 4 Oktober Uni Soviet mengejutkan dunia, dengan peluncuran satelit buatan pertama, Sputnik 1, bola logam kecil seberat 83,6 kg (184,3 pon). Yang mana perlombaan luar angkasa dimulai antara Uni Soviet dan Amerika Serikat, membuka front baru dalam perang dingin.

  1. 1974 Ditemukan Komputer Pribadi

Komputer pertama yang muncul setelah Perang Dunia II sangat besar, tetapi, dengan kemajuan teknologi, terutama dalam menempatkan banyak transistor pada chip semikonduktor, komputer menjadi lebih kecil dan lebih kuat, akhirnya, mereka menjadi cukup kecil untuk digunakan di rumah. Komputer pribadi pertama adalah Altair, yang segera digantikan pada tahun 1977 oleh Apple II, TRS-80, dan Commodore PET.

  1. 1974 Ditemukan Internet

Baca Juga: Sejarah dan Peristiwa Penting Perkembangan Teknologi (Part 2)

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Britannica.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x