Siswa SMA dan SMK di Jawa Timur Jadi yang Terbanyak Diterima PTN, Bukan Pertama Kalinya

- 15 Agustus 2023, 19:52 WIB
Siswa SMA dan SMK di Jawa Timur terbanyak diterima PTN
Siswa SMA dan SMK di Jawa Timur terbanyak diterima PTN /Instagram @khofifah.ip/

 


GALAMEDIANEWS - Siswa lulusan SMA dan SMK di Jawa Timur menjadi terbanyak diterima perguruan tinggi negeri (PTN). Pencapaian ini bukan yang pertama kali bagi Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan bahwa anak-anak Jatim kembali menjadi yang terbanyak diterima di PTN melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023.

"Alhamdulillah tahun 2023 ini Jatim kembali menjadi yang paling banyak siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN), baik di jalur tanpa tes atau SNBP maupun yang dengan tes atau SNBT," ucap Khofifah.

Ia menyebutkan sebanyak 23.477 siswa lulusan SMA/SMK berhasil diterima PTN jalur SNBP dan 35.862 siswa Jawa Timur berhasil lolos jalur SNBT. Jumlah tersebut membuat Jatim menduduki posisi pertama secara nasional.

Baca Juga: 8 SMA Terbaik di Pekanbaru Riau, Rekomendasi Pilihan Sekolah Baru

"Capaian ini mempertahankan prestasi Jatim selama empat tahun berturut-turut untuk siswa paling banyak diterima PTN tanpa tes sejak tahun 2020. Begitu juga untuk jalur yang dengan tes kita juga berhasil mempertahankan capaian sejak tahun 2021," kata Gubernur Jatim.

Khofifah mengungkapkan keberhasilan siswa Jawa Timur ini, tidak terlepas dari peran para guru dan kepala sekolah karena telah secara intensif mendampingi para siswa melalui simulasi ujian dan soal-soal yang dibagikan.

"Dua jalur seleksi PTN ini tidak mudah. Pesaingnya ratusan ribu, dan sangat ketat. Terlebih aturan baru model soal SNBT tahun ini tentu membuat guru dan kepala sekolah harus berfikir serius menyusun strategi agar siswanya diterima pada PTN yang dituju," tutur Khofifah.

Keseriusan para guru  dan juga siswa dalam mempersiapkan diri menjadi kunci sukses masuk PTN baik melalui jalur nilai raport maupun jalur tes kemampuan siswa.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah