Pra FS 3 Jenis Kereta Gantung untuk Bandung Selatan, Berikut Opsi Jalur Gondola Wisata dan Trasnportasi Massal

- 17 Agustus 2023, 09:27 WIB
Ilustrasi: Pembangunan kereta gantung di Bandung selatan masuki kajian Pra FS, berikut rencana rute gondola wisata dan transportasi massal berbasis kabel yang akan dikembangkan./ Pexels @Timo Volz
Ilustrasi: Pembangunan kereta gantung di Bandung selatan masuki kajian Pra FS, berikut rencana rute gondola wisata dan transportasi massal berbasis kabel yang akan dikembangkan./ Pexels @Timo Volz /

GALAMEDIANEWS – Kabupaten Bandung akan mengembangkan kereta gantung atau transportasi berbasis kabel di wilayah Bandung Selatan yang saat ini sedang dalam kajian Pra Feasibility Study atau Pra FS. Dalam kajian juga akan dibahas mengenai opsi jalur termasuk rute Gondola Wisata yang menurut rencana akan dibangun di kawasan Pasir Jambu, Ciwidey dan Rancabali atau Pacira.

 

Menurut kajian Pra FS, ternyata ada 3 jenis kereta gantung atau transportasi berbasis kabel yang bisa dikembangkan di wilayah Bandung Selatan yang memiliki kondisi berupa pegunungan dengan kontur geografis yang cukup ekstrim.

Pra FS Kereta Gantung untuk Bandung Selatan juga membahas tentang berbagai permasalahan yang kerap terjadi di kawasan tersebut sehingga dibutuhkan alternatif transportasi massal yang bisa menjadi solusi nyata.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Bandung, Erwin Rinaldi mengatakan Pra FS Kereta Gantung ini akan didukung penuh oleh perangkat daerah, khususnya mengenai berbagai macam data yang dibutuhkan termasuk di dalamnya data destinasi wisata, kunjungan wisata serta permasalahan transportasi yang ada.

“Ide kereta gantung dari Pak Bupati Bandung Dadang Supriatna ini terkait dengan beberapa hal. Pertama, adanya permasalahan. Kedua, ingin meningkatkan potensi yang ada di Bandung Selatan,” ujar Kepala Bappelitbangda Erwin kepada GalamediaNews yang ditemui di kantornya, di Soreang, Selasa 15 Agustus 2023.

Ia mengatakan,  setelah adanya tol, akses ke tempat wisata terutama Pacira hingga Pangalengan itu belum bisa dikembangkan secara optimal dengan pelebaran jalan atau apapun dan mereka masih mengusahakan hal tersebut.

Baca Juga: Atasi Kemacetan di Kawasan Wisata, Bupati Bandung akan Bangun KERETA GANTUNG dari Ciwidey hingga Pangalengan

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Wawancara Eksklusif GalamediaNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah