Atasi Kemacetan di Kawasan Wisata, Bupati Bandung akan Bangun KERETA GANTUNG dari Ciwidey hingga Pangalengan

- 10 Juli 2023, 10:15 WIB
Ilustrasi Kereta Gantung akan jadi solusi dari Bupati Bandung untuk atasi kemacetan di kawasan wisata Ciwidey hingga Pangalegan./ Pexels @Pixabay
Ilustrasi Kereta Gantung akan jadi solusi dari Bupati Bandung untuk atasi kemacetan di kawasan wisata Ciwidey hingga Pangalegan./ Pexels @Pixabay /

GALAMEDIANEWS – Bupati Bandung Dadang Supriatna akan membangun Kereta Gantung yang menghubungkan kawasan wisata Ciwidey dan Pangalengan sebagai upaya untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi khususnya di masa-masa liburan seperti sekarang.

Gagasan Bupati Bandung untuk membangun Kereta Gantung itu tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan wisata Ciwidey dan Pangalengan dan akan menjadi ikon pariwisata baru yang mampu menarik travellers Tanah Air.

Menurut Bupati Bandung Dadang Supriatna, gagasan dan ide Kereta Gantung yang menghubungkan kawasan wisata Ciwidey hingga Pangalengan ini timbul karena kemacetan luar biasa yang rutin terjadi, dan berpotensi menurunkan minat pengunjung untuk datang ke sana jika tak segera diatasi.

Baca Juga: 5 Wisata Bandung yang Hits, Punya View Bagus dan Instagramable Plus Udara Dingin Pas Buat Liburan

Oleh karena itu, saat ini Bupati Bandung Dadang Supriatna sedang melakukan Studi Kelayakan atau Feasibility Study (FS) untuk membangun Kereta Gantung yang menghubungkan kawasan wisata Ciwidey dan Pangalengan tersebut.

“Kereta Gantung ini gagasan atau ide yang muncul karena ada masalah, bagaimana untuk pengembangan wisata Pacira (Pasir Jambu, Ciwidey, Rancabali) dan Pangalengan, ini salah satu langkah utamanya harus ada pelebaran jalan. Kenapa harus ada pelebaran jalan, karena kemacetannya luar biasa. Ke Pangalengan saja bisa sampai 3 atau 4 jam sekarang. Ini kan artinya kemacetan luar biasa,” ujarnya kepada GalamediaNews setelah acara penutupan Fornas VII 2023 di Gedung Budaya Sabilulungan (GBS), Minggu 9 Juli 2023.

Kalau pelebaran jalan tidak bisa dilakukan, kata Bupati Bandung Dadang Supriatna lagi, maka solusi lain yakni membuat Kereta Gantung yang langsung menghubungkan kawasan wisata Bandung Selatan.

“Nah kalau toh misalkan pelebaran ini tidak dilakukan, maka saya mempunyai mimpi dan saya sedang membuat FS (Feasibility Study -red.) sekarang dengan pihak swasta tentunya, bagaimana untuk membuat Kereta Gantung yang menuju daerah Ciwidey, terminal di Gambung, langsung masuk Pangalengan,” katanya menjelaskan.

Baca Juga: Hits dan Instagramable, Inilah 7 Tempat Wisata Bandung yang Cocok untuk Libur Akhir Pekan

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x