Wapres MA'ruf Amin Apresiasi Program OPOP: Peluang Pembangunan Ekonomi Baru

- 26 Agustus 2023, 07:30 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mendampingi kunjungan kerja Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam rangka silaturahmi dengan para ulama di Pondok Pesantren Buntet, Desa Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jumat, 25 Agustus 2023./Foto: Biro Adpim Jabar
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mendampingi kunjungan kerja Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam rangka silaturahmi dengan para ulama di Pondok Pesantren Buntet, Desa Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jumat, 25 Agustus 2023./Foto: Biro Adpim Jabar /

GALAMEDIANEWS - Program One Pesantren One Product (OPOP) menjadi salah satu upaya mewujudkan visi Jabar Juara Lahir dan Batin melalui pemberdayaan pesantren.

Program ini memberikan kesempatan pada pesantren untuk mengembangkan bisnisnya sehingga dapat mandiri secara ekonomi.

Dengan target 5.000 pesantren bergabung di program OPOP dalam kurun waktu lima tahun kepemimpinan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum (RINDU), hingga hari ini target tersebut sudah terpenuhi.

Baca Juga: Rahasia Promil Sukses Menurut Dr. Zaidul Akbar: Jurus Ikhlas yang Paling Top

Selama empat tahun bergulir, sebanyak 2.844 pesantren sudah tergabung dalam program OPOP dan pada 2023 tercatat 2.174 yang bergabung. Dengan demikian pesantren yang ikut serta dalam program OPOP mencapai 5.018.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar, nilai transaksi dari tahun ke tahun pada acara temu bisnis OPOP relatif tinggi.

Pada OPOP 2020 dengan peserta 500 pesantren, transaksi bisnis mencapai Rp21 miliar. Pada 2021 dengan peserta 1.000 pesantren mencapai Rp 136,5 miliar, dan 2022 dengan peserta 270 pesantren nilai transaksi mencapai Rp 42,1 miliar.

Capaian tersebut mendapat apresiasi dari Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Pembangunan ekonomi baru

Menurut Wapres, pemberdayaan pesantren dengan program OPOP dapat menjadi peluang pembangunan ekonomi baru bahkan OPOP juga memberikan efek domino berupa penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat di sekitar pesantren tersebut.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x