Tim Arkeolog Harus Lanjutkan Penelitian di Logas, Gubernur Riau Berikan Dorongan

- 26 Agustus 2023, 21:49 WIB
emerintah Provinsi Riau melanjutkan temuan di kawasan Logas. Antara/HO-Humas Pemrov Riau.
emerintah Provinsi Riau melanjutkan temuan di kawasan Logas. Antara/HO-Humas Pemrov Riau. /

GALAMEDIANEWS - Gubernur Provinsi Riau Syamsuar mendorong arkeolog untuk segera melanjutkan penelitian sesuai tim yang dibentuk tahun 2021 melibatkan tenaga ahli prasejarah dari badan Riset dan Inovasi Nasional untuk menindaklanjuti dengan adanya temuan di kawasan Logas.

"Kuat keyakinan bahwa lokasi Logas dan sekitarnya memiliki potensi yang sangat besar untuk diteliti. Soalnya pada tahun 2021 Tim peneliti itu kembali menemukan beberapa artefak litik sederhana berupa alat batu yang termasuk kategori kapak perimbas, kapak penetak, lancipan ," kata Kepala Dinas Kebudayaan Riau Raja Yose dalam keterangannya, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Disebutkan, pada tahun 2021 itu juga tim peneliti juga menemukan alat-alat batu yang termasuk dalam kategori alat serpih di sekitar aliran Sungai Logas atau Batang Lembu Keruh dan singkapan batuan di aliran sungai kecil yang menyatu dengan Sungai Logas.

Sesuai arahan Gubernur Syamsuar, ia mengatakan, penelitian tersebut harus tuntas sekaligus untuk membuktikan bahwa Riau negeri.

Baca Juga: Batuk Karena Polusi Udara? Berikut 7 Bahan Alami untuk Mengatasinya

"Karena itu pada Agustus 2023 tim kembali dibenruk melibatkan tenaga ahli arkeologi prasejarah dari Badan Riset dan Inovasi Nasional, ahli geologi dari Universitas Islam Riau, dosen dan mahasiswa dari Program Studi Arkeologi Universitas Jambi," katanya.

Tim tersebut meluaskan daerah penelitian hingga area Sungai Muaralembu, area Sungai Petapahan, dan area Sungai Jake dan tim menemukan 170 lebih temuan yang terindikasi sebagai artefak di lokasi tersebut.

Menurut Raja Yose, temuan-temuan baru ini dapat mengungkap tentang kehidupan prasejarah di kawasan Provinsi Riau yang masih kosong dari daftar temuan prasejarah Indonesia. Konsentrasi temuan artefak batu paleolitik yang berada di perbukitan yang menjadi hulu dari ketiga sungai mengindikasikan bahwa perlu upaya pelestarian wilayah Logas dan Kuantan Singingi karena menjadi bukti kehidupan manusia masa lalu.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x