Sri Lanka: Negara Bangkrut yang Bisa Kita Jadikan Pelajaran

- 6 September 2023, 12:31 WIB
Ilustrasi negara Sri Langka./Pexels @Kaique Rocha
Ilustrasi negara Sri Langka./Pexels @Kaique Rocha /

GALAMEDIANEWS - Mengurus negara itu jelas tidak gampang. Semua orang mungkin ingin menjadi penjabat, semua orang ingin kekuasaannya tapi mungkin tidak semua orang bisa memegang tanggung jawabnya.

Menjadi bagian dari pemerintah itu berarti menjadi tanggung jawab atas nasib banyak orang yang dipimpinnya, dan jika sembarangan kehidupan orang banyak ini akan terpengaruh secara negatif. Misalnya adalah negara Sri Lanka yang sekarang dinyatakan bangkrut.

Kok bisa sebuah negara dibilang bangkrut? Kondisi ekonomi suatu negara terkadang mirip dengan kondisi keuangan perusahaan pada umumnya. Mereka mempunyai pendapatan, pengeluaran dan utang piutang juga.

Baca Juga: Hindari Kemacetan, ini Jalur Alternatif dari Rekayasa Lalu Lintas KTT ke 43 Asean

Jika tidak pandai mengelola aset negaranya, dan tidak punya persiapan jangka panjang sama seperti perusahaan, sebuah negara juga bisa bangkrut.

Mungkin memang ada beberapa perbedaan misalnya negara mencetak uang bisa membuat kebijakan dan lain sebagainya, tapi secara umum mungkin tetap sama. Negara itu bisa berhutang dan dianggap bangkrut oleh instansi yang berwenang.

Akhir juni kemarin, Bank Dunia sudah mensuplai bantalan dana untuk kebutuhan penduduk, da untuk menjalankan perekonomian negara. Pemerintah Sri Lanka banyak menyalahkan pandemi sebagai penyebab negaranya bangkrut.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Instagram @awkarin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x