KTT ke 43 Resmi Ditutup, Jokowi Ajak Seluruh Mitra Negara Memperkuat Kolaborasi

- 8 September 2023, 06:07 WIB
Presiden Jokowi bersama pemimpin negara lainnya di acara KTT ke 43 ASEAN
Presiden Jokowi bersama pemimpin negara lainnya di acara KTT ke 43 ASEAN /ANTARA / Zabur Kaduru/

GALAMEDIANEWS – Presiden Jokowi resmi menutup rangkaian puncak pertemuan acara KTT ke 43 ASEAN di Jakarta pada tanggal 7 September 2023 di Jakarta.

Acara yang berlangsung sejak tanggal 5 September sampai 7 September 2023 itu dihadiri oleh seluruh pemimpin negara Asean dan juga para pemimpin mitra wicara Asean.

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih atas dukungan keketuaan Indonesia di 2023 dan dengan demikian, KTT ke-43 Asean dan KTT lainnya secara resmi saya tutup,” Ujar Jokowi saat melakukan penutupan Acara KTT ke 43 Asean.

Beberapa negara yang hadir di KTT ke 43 ASEAN diantaranya, Malaysia, Singapura, Laos, Kamboja, Filipina, Vietnam, Bangladesh, Cook Island, Timor Leste, Korea Selatan, China, Australia, Jepang, Kanada, Thailand, Rusia, India dan juga Amerika Serikat.

Baca Juga: Hari Terakhir KTT ASEAN, Hindari 5 Ruas Jalan di Jakarta

Presiden Jokowi pun memberikan apresiasi kepada para pemimpin negara juga para undangan yang hadir di acara KTT ke 43 ASEAN.

“Selama tiga hari ini, 12 pertemuan KTT telah diselenggarakan dan telah menghasilkan 90 dokumen outcome dan sejumlah kesepakatan-kesepakatan konkret dengan mitra. Selama pertemuan, saya menangkap optimisme dan energi positif dari seluruh yang hadir. Jujur saya katakan, ini menguatkan harapan, ini menguatkan semangat, untuk terus melanjutkan perjuangan mewujudkan kawasan yang damai, kawasan yang stabil, dan kawasan yang sejahtera,” ucap Jokowi pada Pidato penutupan KTT ke 43 ASEAN.

Baca Juga: KTT ke-43 ASEAN, Ratusan Mobil Listrik dan Puluhan Bus Listrik Dikerahkan oleh Pemprov DKI

Jokowi mengatakan acara KTT ke 43 ASEAN ini menjadi momentum untuk mengukuhkan kawasan Indo-Pasifik sebagai teater perdamaian dan juga Inklusivitas.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: YouTube Sekertariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x