Napak Tilas Pagar Betis Menumpas DI/TII Digelar untuk Mengingat Sejarah

- 31 Agustus 2020, 14:34 WIB
Peringatan napak tilas pager betis DI/TII di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung
Peringatan napak tilas pager betis DI/TII di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung /Engkos kosasih/

GALAMEDIA - Di tengah pandemi Covid-19, tidak mengurangi semangat para pemuda untuk mengingat sejarah gerakan menumpas pemberontakan DI/TII yang dilakukan TNI bersama rakyat di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung tahun 1964 lalu.

Untuk mengingatkan sejarah perjuangan para leluhur yang membela cinta tanah air dilakukan oleh 300 pemuda melalui "Napak Tilas Pagar Betis 2020" di Kecamatan Ibun pada Sabtu 29 Agustus 2020.

Pihak Penyelenggara Deden Asrul mengatakan, napak tilas pagar betis itu merupakan kegiatan rutin yang sudah dilaksanakan sejak 1993 lalu hingga sekarang.

Baca Juga: Pencairan Bantuan UMKM Rp 2,4 juta, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung Masih Tunggu Arahan Pusat

"Setiap dua tahun sekali, Yayasan Generasi Muda Majalaya melaksanakan napak tilas pagar betis. Saat ini merupakan kegiatan yang ke-13," kata Deden kepada galamedia di Majalaya, Senin 31 Agustus 2020.

Ia mengatakan, banyak makna sejarah yang bisa menjadi pembelajaran atau pendidikan untuk menambah wawasan dalam kegiatan di alam terbuka tersebut.

"Yayasan Generasi Muda Majalaya ini sengaja melaksanakan napak tilas pagar betis ini, jangan sampai para pemuda melupakan sejarah termasuk sejarah menumpas gerakan DI/TII di kawasan Gunung Geber Kamojang pada 1964," tutur Deden.

Baca Juga: Wabup Garut Tinjau Lokasi Sungai dan Tebing yang Rawan Longsor di Kampung Dayeuhandap

Karena saat ini dalam kondisi masih pandemi Covid-19, kata Deden, peserta yang dilibatkan dalam pelaksanaan napak tilas pager betis ini dibatasi hanya 300 orang.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x