Kereta Cepat Jakarta Bandung Mulai Uji Coba Oktober 2023 Mendatang, Gratis Untuk Umum

- 13 September 2023, 16:31 WIB
Kereta Cepat Jakarta Bandung Mulai Uji Coba Oktober 2023 Mendatang.
Kereta Cepat Jakarta Bandung Mulai Uji Coba Oktober 2023 Mendatang. / instagram @keretacepat_id/

GALAMEDIANEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung bisa dicoba mulai Oktober 2023 mendatang. Ungkapan tersebut diucapkan oleh Presiden Jokowi pada hari Rabu 13 September 2023 setelah menjajal sendiri Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Meskipun tidak ada kendala dan sudah bisa digunakan, namun kini Kereta Cepat Jakarta Bandung masih dalam tahap uji coba. Dengan adanya Kereta Cepat Jakarta Bandung ini Jokowi Berharap agar masyarakat bisa menggunakan layanan transportasi umum serta tidak menggunakan kendaraan pribadi. Dengan menggunakan kendaraan umum, masyarakat pun dapat turut membantu untuk mengurangi polusi.

Kereta Cepat Jakarta Bandung ini akan berdampak pada jumlah penumpang Kereta Api Argo Parahyangan yang nantinya akan berpindah menggunakan Kereta Cepat Bandung Jakarta. Menurut Jokowi, waktu tempuh Kereta Cepat Jakarta Bandung hanya memakan waktu sekitar 50 menit saja. Artinya Kereta Cepat Jakarta Bandung akan melaju dengan kecepatan 350km/jam.

Baca Juga: Di Shopee Live, Aurel Hermansyah Sukses Jual 16.000 Produk Lebih di Puncak Kampanye Shopee 9.9

Titik awal Kereta Cepat Jakarta Bandung ada di stasiun Halim KCJB, nantinya Kereta Cepat Jakarta Bandung akan melakukan perjalanan sampai stasiun Padalarang Bandung. Untuk ke kota Bandung, masyakarat bisa menggunakan KA Feeder.

Usulan tarif dari KCJB sendiri berkisar Rp300 ribu, sudah termasuk tarif Kereta Feeder. Sementara tarif KCJB sendiri berkisar Rp250 ribu per penumpangnya. Pada kereta cepat Jakarta Bandung juga akan disediakan sebanyak 500 hingga 550 kursi dalam setiap rangkaiannya.

“Dalam satu rangkaian ada 600 kursi, pada saat uji coba nanti kita kuotakan 500 sampai 550 kursi per rangkaian kereta dan itu sudah termasuk bagi warga terdampak di sepanjang jalur kereta cepat uang diutamakan untuk merasakan KA cepat,” Ujar Eva Chairunisa selaku GM Corporate Secretary PT KCIC.

Jokowi pun menegaskan bahwa masyarakat perlu mencoba terlebih dahulu KCJB.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: PRMN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x