Sigesit Juara untuk Efektivitas Pemetaan Guru dan Tenaga Kependidikan Jawa Barat di Era Transformasi Digital

- 25 September 2023, 14:34 WIB
Dokumentasi Kegiatan Sosialisasi dan Roadshow Sigesit Juara./ Istimewa
Dokumentasi Kegiatan Sosialisasi dan Roadshow Sigesit Juara./ Istimewa /

GALAMEDIANEWS - Transformasi digital telah memiliki pengaruh yang signifikan pada lembaga pemerintahan salah satunya pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Sistem pendataan pendidikan yang terintegrasi menjadi salah satu fokus Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui pemetaan dan pemerataan guru serta tenaga kependidikan.

 

Kebijakan sistem pendataan pendidikan yang terintegrasi diperlukan dalam merumuskan, memantau, dan evaluasi sebuah kebijakan. Saat ini kebijakan pendataan pendidikan di Jawa Barat memfokuskan pada pendaftaran siswa (PPDB), data sekolah, data guru, kurikulum dan penilaian hingga dilaksanakannya monitoring dan evaluasi dalam upaya meningkatkan efektivitas pelayanan pendidikan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Pandemi Covid-19 menjadi momentum pemerintah dalam mempercepat proses transformasi digital, hal ini sesuai regulasi yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat yaitu Peraturan Gubernur No. 86 Tahun 2018 tentang Tata Kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik sebagai salah satu upaya untuk menjamin integrasi dan sinkronisasi TIK di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat meluncurkan sebuah inovasi yaitu Sigesit Juara sebagai sistem informasi dikembangkan dan dikelola langsung oleh bidang GTK Dinas Pendidikan Jawa Barat yang sesuai dengan analisis kebutuhan untuk sistem tata kelola GTK. Secara umum sistem informasi ini terdiri dari 3 lingkup yaitu, sistem pendataan, pengelolaan layanan administrasi dan penilaian kinerja guru.

Baca Juga: Jabar Bisa Jadi Role Model Reformasi Birokrasi Lewat Transformasi Digital

 

Halaman:

Editor: Feby Syarifah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x